Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 134.000 Debitur Terdampak Covid-19 Dapat Kelonggaran Kredit dari BRI

Kompas.com - 09/04/2020, 10:34 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dengan kode emiten BBRI sudah memberikan relaksasi kepada 134.000 debitur yang terdampak oleh pandemic virus corona (Covid-19).

“Dari 134.000 debitur terdampak Covid-19 telah mendapatkan relaksasi dari BRI, 80 persen di antaranya atau sekitar 110.000 merupakan debitur dengan segmen mikro,” kata Direktur Bisnis Mikro BRI Supari melalui siaran media, Rabu (8/4/2020).

Hal ini berdasarkan monitoring off site dalam aplikasi digital kredit BRISPOT yang mengidentifikasi kondisi nasabah. Sehingga para debitur yang mengalami kesulitan memenuhi kewajibannya karena terdampak penyebaran Covid-19 dapat segera dilakukan upaya restrukturisasi kredit.

Baca juga: Bank dan Leasing Sudah Mulai Terima Keringanan Kredit Nasabah

Selama ini aplikasi BRISPOT dimanfaatkan sebagai aplikasi penyaluran kredit untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Aplikasi ini juga bermanafaat untuk mempercepat proses pengajuan pinjaman dan penyaluran kredit mikro.

“Saat ini seluruh aktivitas debitur BRI telah didukung dengan utilisasi aplikasi digital BRI sehingga proses penyaluran kredit berjalan normal,” kata Supari.

Selain itu, Bank BRI juga melakukan upaya counter cyclical, dengan terus menyalurkan kredit mikro BRI (yang terdiri dari KUR, Kupedes dan Briguna Mikro). Aktivitas pemasar mikro BRI juga dilakukan sesuai dengan protokol physical distancing sesuai instruksi pemerintah.

Supari berharap BRISPOT bisa menjadi alat bagi para para debitur BRI guna menciptakan fleksibilitas dan efektifitas, sehingga proses kredit bisa dilakukan secara digital dengan lebih cepat.

“BRISPOT juga mendukung alur proses prakarsa dan putusan kredit tanpa harus bertatap muka dan tanpa berkas hardcopy, sehingga mendukung gerakan physical distancing,” ujar Supari.

Hingga Maret 2020, BRI sudah menyalurkan kredit kepada 634.000 debitur mikro dengan total plafond Rp 23,4 triliun. Penyaluran kredit ini juga diproses secara digital.

Melalui BRISPOT juga para para debitur juga memperoleh fitur cash pick up untuk setoran pinjaman dan simpanan sehingga tidak perlu keluar rumah atau tempat usahanya untuk melakukan transaksi penyetoran tunai.

Sejauh ini, jumlah transaksi cash pick up yang diproses melalui BRISPOT pada bulan Maret lalu mencapai 571.000 transaksi dengan nominal Rp 1,2 triliun.

Ke depan, BRISPOT tak hanya bisa digunakan untuk kredit UMKM saja, namun juga untuk nasabah (end user) dan juga bersentuhan dengan mitra BRI, agen BRILINK, fintech, peer to peer lending, dan e-commerce.

Baca juga: OJK: Jika Tak Ajukan Keringanan Kredit, Kendaraan Tetap Bisa Ditarik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com