Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Komitmen 60 Miliar Dollar AS dari The Fed Sudah Siap, Tinggal Pakai

Kompas.com - 09/04/2020, 16:28 WIB
Fika Nurul Ulya,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengaku kerjasama penyediaan fasilitas repurchase agreement (repo line) antara BI dengan bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed) sudah selesai proses administrasi.

Artinya, repo line yang dikategorikan dalam Foreign and International Monetary Authorities (FIMA) dengan nominal 60 miliar dollar AS ini sudah siap digunakan bila sewaktu-waktu diperlukan.

"Sudah siap. Sudah selesai proses administrasinya, masalah legalnya, masalah teknikalnya, sewaktu-waktu bisa digunakan kerjasama repo line antara The Fed dengan BI yang jumlahnya 60 miliar dollar AS," ucap Perry dalam konferensi video, Kamis (9/4/2020).

Baca juga: BI Dapat Komitmen Dana 60 Miliar Dollar AS dari The Fed, Buat Apa?

Namun, fasilitas repo line ini merupakan bantalan kedua (second line of defense), yakni fasilitas yang hanya digunakan bila BI benar-benar membutuhkan, sama seperti fasilitas Bilateral Currency Swap Agreement (BCSA).

Bedanya, repo line tidak bisa menambah cadangan devisa negara.

"Meskipun saya ulangi, ini adalah repo line, bukan swap line. Tidak bisa menambah cadangan devisa. Tapi banyak digunakan untuk kebutuhan likuiditas dollar," ungkap Perry.

Adapun saat ini, Perry menilai jumlah cadangan devisa RI masih lebih dari cukup untuk membiayai ekspor, membayar utang pemerintah, dan stabilitas kurs rupiah di pasar.

Baca juga: Rupiah Menguat Jadi Rp 15.920, Ini Kata Gubernur BI

Apalagi cadangan devisa diprediksi meningkat menuju 125 miliar dollar AS pekan depan karena penerbitan global bonds sebesar 4,3 miliar dollar AS.

Cadangan devisa BI pada akhir Maret 2020 sendiri mencapai 121 miliar dollar AS, lebih rendah 9,4 miliar dollar AS dibandingkan dengan posisi akhir Februari 2020.

"Begitu selesai, Insya Allah cadangan devisa mendekati angka 125 miliar dollar AS. Insya Allah ke depan juga akan terus membaik," sebut Perry.

Terkait repo line, Perry kembali menyebut Indonesia beruntung mendapat fasilitas dari bank sentral negeri Paman Sam itu. Sebab, tidak semua negara emerging market mendapat kesempatan kerjasama repo line.

"Ini adalah kepercayaan yang diberikan terhadap bagaimana kita mengelola ekonomi, dan lebih dari itu bagaimana prospek ekonomi ke depan Insya Allah lebih baik," tandasnya.

Baca juga: Pesan BI ke Bank: Jangan Ragu Masuk ke Term Repo

Di samping The Fed, BI juga memiliki kerja sama repo line dengan Bank for International Settlements (BIS) sebesar 2,5 miliar dollar AS, Bank sentral Singapura sebesar 3 miliar dollar AS, dan bank-bank sentral lainnya sebesar 500 juta hingga 1 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com