Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MMA SMARTIES Awards Akan Kembali Digelar

Kompas.com - 09/04/2020, 18:12 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- The Mobile Marketing Association (MMA) Indonesia yang merupakan asosiasi industri pemasaran mobile, akan menggelar MMA SMARTIES Indonesia Award di Jakarta, 15 Oktober 2020.

Managing Director Asia Pacific MMA Rohit Dadwal mengatakan, MMA SMARTIES Awards membuat satu-satunya program penghargaan pemasaran mobile global di dunia yang menghargai inovasi, kreativitas, dan kesuksesan.

“Karena mobile terus menjadi kekuatan disruptif di seluruh Asia Pasifik, kami senang memperkenalkan kategori dan program negara baru untuk Indonesia SMARTIES tahun ini yang memperluas jangkauan kami,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (9/4/2020).

Adapun untuk kategori baru yang ditambahkan di edisi tahun ini yaitu Best use of Branded Content (Media), Data atau Insights (Technology), The Internet of Things (Technology), Best Use of UGC (Creative Awards) dan Best Data-driven Creatives (Creative Awards).

Untuk kategori Best use of Branded Content (Media), lanjut Rohit, merupakan kategori yang memberikan penghargaan penggunaan branded content (konten yang bekerjasama dengan brand) terbaik di dalam serial web asli atau program berbasis mobile.

Sementara untuk kategori Data/Insights (Technology), merupakan penggunaan data konsumen yang memainkan peran integral dalam pengembangan dan pelaksanaan kampanye untuk menargetkan, melibatkan atau mengembangkan hubungan yang bermakna dengan audiens atau komunitas tertentu.

"Kalau untuk kategori The Internet of Things (Technology) dimana setiap teknologi, perangkat, atau wearable yang dapat dipakai yang mengirim dan menerima data melalui internet berbasis mobile untuk melibatkan pelanggan atau meningkatkan pengalaman dan kategori Best Use of UGC (Creative Awards) di mana User-generated content (UGC) atau konten buatan pengguna terdiri dari segala bentuk konten yang dibuat oleh pengguna dan konsumen tentang suatu brand atau produk," sebutnya.

Begitupun dengan kategori Best Data-driven Creatives (Creative Awards), yang merupakan penggunaan cerdas data insights untuk peningkatan personalisasi kerja kreatif demi mendorong kampanye dan tujuan bisnis Data insights dapat didasarkan pada audiens, konteks atau dari input luring (mis. pollution API).

Di samping itu, MMA juga memperkenalkan SMARTIES Thailand sebagai program negara baru.

Hal itu seiring dengan penggunaan mobile yang berkembang pesat di Thailand. Selain itu negeri Gajah Putih itu juga merupakan salah satu pengguna aktif mobile di Asia Tenggara.

Bertambahnya Thailand menjadi program Negara Baru, kini ada enam program negara untuk Asia Pasifik SMARTIES 2020. Termasuk SMARTIES APAC, SMARTIES Vietnam, SMARTIES China, SMARTIES Indonesia, SMARTIES India dan SMARTIES Thailand.

Rohan juga mengatakan agar memenuhi syarat untuk penghargaan, kampanye harus aktif di pasar antara Januari 2019 hingga Juli 2020. Tenggat waktu yang tepat untuk semua entri adalah 15 Juli 2020 dan saat ini adapun tenggat waktu yang diperpanjang adalah 24 Juli 2020.

"Dengan tenggat waktu yang diperpanjang, akan ada penyesuaian biaya pendaftaran," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com