PSBB Berlaku, Blue Bird Batasi Kapasitas Penumpang Hanya 50 Persen

Kompas.com - 09/04/2020, 19:34 WIB
PT Blue Bird Tbk (BIRD) memperkenalkan armada taksi mobil listrik yang diberi nama e-Taxi. Ini merupakan salah satu inovasi yang digagas Blue Bird untuk membirukan langit Indonesia. Dok. ShutterstockPT Blue Bird Tbk (BIRD) memperkenalkan armada taksi mobil listrik yang diberi nama e-Taxi. Ini merupakan salah satu inovasi yang digagas Blue Bird untuk membirukan langit Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sehubungan dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) mulai 10 April hingga 24 April 2020, PT Blue Bird Tbk (BIRD) siap mengikuti aturan PSBB di wilayah DKI Jakarta.

Direktur Blue Bird Adrianto Djokosoetono mengungkapkan, taksi milik BIRD pun sudah membatasi kapasitas penumpang hanya 50 persen.

Pihaknya juga mematuhi aturan yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait PSBB di tengah pandemi virus corona ini.

Baca juga: Jauhi Zona Nyaman, Rajin Berinovasi Bikin Blue Bird Terus Bertahan

"Kami sosialisasikan dan telah mematuhi aturannya. Saat ini, sebagian armada juga menggunakan kendaraan MPV seperti Avanza untuk layanan Blue bird dan Alphard untuk layanan Silver bird," ujar Ardianto kepada Kontan.co.id, Kamis (9/4/2020).

Menurutnya, kedua jenis layanan ini berkapasitas 7 penumpang dan saat ini maksimal menjadi 3 penumpang tambah 1 pengemudi.

Dengan adanya pembatasan sosial ini, Blue Bird sudah membuat protokol bahwa pengangkutan penumpang harus 50 persen dari kapasitasnya.

Armada taksi yang digunakan BIRD terdapat dua jenis kapasitas, yakni armada berkapasitas 4 orang dan 7 orang.

"Khusus armada yang berkapasitas 4 orang seperti mobil sedan, lanjutnya, saat ini hanya boleh mengangkut maksimal 2 orang penumpang, sementara armada berkapasitas 7 orang hanya boleh mengangkut 3 orang," jelasnya.

Baca juga: Antisipasi Virus Corona, Blue Bird Lakukan Langkah Ini

Selain itu, menurut Ardianto, dampak penurunan penumpang dengan diberlakukannya PSBB ini tentunya menjadi hal yang tidak bisa dihindari, bahkan penurunan terjadi sejak adanya pandemi corona.

Ia mengaku, aktivitas pembersihan kendaraan ini dapat dilakukan intensif karena semua armada BIRD setiap saat dapat ke pool terdekat untuk melakukan disinfeksi.

Selain itu mengacu pada sosialisasi dan aturan yang diberlakukan, Blue Bird tetap melayani kebutuhan mobilitas orang dengan melengkapi APD seperti masker dan hand sanitizer di dalam kendaraan selain dilakukan pembersihan kendaraan secara khusus dengan disinfektan. (Selvi Mayasari)

 

Berita ini telah ditayangkan di Kontan.co.id dengan judul: PSBB berlaku, Blue Bird (BIRD) batasi kapasitas penumpang hanya 50%

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X