KILAS

Bantu Tenaga Medis Hadapi Covid-19, BBPLK Medan Produksi Face Shield

Kompas.com - 11/04/2020, 07:56 WIB
Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan, saat memproduksi face shield (alat pelindung wajah). DOK. Humas Kementerian Ketenagakerjaan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan, saat memproduksi face shield (alat pelindung wajah).

KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja ( BBPLK) Medan, memproduksi face shield (alat pelindung wajah).

Kepala BBPLK Medan Muhammad Ali mengatakan, face shield produksi BBPLK Medan tahan air, dapat dipakai berulang, dan bisa dibersihkan dengan menyemprotkan disinfektan.

“Kami harap face shield ini memberi rasa aman bagi tenaga medis (nakes), terutama yang tergabung dalam tim coronavirus disease 2019 (Covid-19),” kata Ali, seperti dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/4/2020).

Ali menambahkan, face shield berfungsi untuk melindungi area wajah termasuk mata, hidung, dan mulut dari droplet ludah maupun batuk.

Baca juga: Alat Pencegahan Covid-19 Produksi BLK Mulai Dibagikan ke Seluruh Indonesia

“Produksi face shield merupakan inisiatif BBPLK Medan untuk membantu rekan nakes dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19,” kata Ali.

Menurut Ali, pihaknya menargetkan produksi 600 face shield berbahan plastik, mika, bando, dan double tape.

Face shield tersebut akan diberikan kepada nakes agar dapat bertahan dan berjuang menghadapi Covid-19.

Face shield akan dibagikan gratis kepada nakes yang ada di rumah sakit, klinik dan puskesmas,” kata Ali.

Baca juga: Warga Lawan Covid-19 dengan Masker Nonmedis, Libatkan Napi hingga Alumni BLK

Di samping itu, BBPLK dan Balai Latihan Kerja (BLK) binaan Ali yang tersebar di Sumatera Utara (Sumut) dan Jambi juga memproduksi dan membagikan masker serta Alat Pelindung Diri ( APD) lainnya, di wilayahnya masing-masing.

“Sebelumnya BLK binaan sudah memproduksi dan membagikan sekitar 13.000 masker,” kata Ali.

Ali berharap, langkah tersebut mampu meredam penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah Sumut.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X