Hari Ini Dibuka, Simak Manfaat dan Kuota Pendaftaran Kartu Prakerja

Kompas.com - 11/04/2020, 09:30 WIB
Cara mendapatkan Kartu Prakerja KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoCara mendapatkan Kartu Prakerja

JAKARTA, KOMPAS.com -  Pendaftaran Kartu Prakerja dibuka oleh pemerintah mulai hari ini, Sabtu (11/4/2020).

Pendaftaran Kartu Prakerja 2020 bisa dilakukan secara online ( daftar Kartu Prakerja) di laman resmi Kartu Prakerja.

Ada banyak manfaat yang diberikan Kartu Prakerja, antara lain:

Dapat Insentif

Kartu Prakerja sendiri merupakan bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya dengan mengikuti pelatihan di bidang yang disukai.

Dalam pasal 5 Perpres diatur para penerima Kartu Prakerja berhak mendapatkan bantuan biaya dengan besaran tertentu untuk mengikuti pelatihan.

Baca juga: Mau Lolos Daftar Kartu Prakerja? Berikut Tahapan Tes dan Seleksinya

Nantinya, peserta Kartu Prakerja akan mendapat insentif bantuan pelatihan dengan total Rp 3,55 juta atau Rp 3.550.000. Adapun rinciannya meliputi, biaya bantuan pelatihan Rp 1 juta, insentif penuntasan pelatihan Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan.

Bantuan lainnya, yakni survei kebekerjaan Rp 150.000. Nantinya insentif itu akan ditransfer secara bertahap selama 3-4 bulan ke dompet digital atau e-wallet peserta program. Bantuan ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk peserta.

Mengembangkan kompetensi

Kartu Prakerja 2020 bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja.

Adapun, penyiapan Kartu Prakerja sudah dianggarkan pemerintah sebesar Rp 10 triliun. Namun karena dampak virus corona (Covid-19) semakin meluas, anggaran ditambah menjadi Rp 20 triliun.

"Tentang Kartu Pra Kerja, anggaran Kartu Pra Kerja dinaikkan dari Rp 10 triliun jadi Rp 20 triliun. Jumlah penerima manfaat menjadi 5,6 juta orang," kata Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers secara online, Selasa (31/3/2020) lalu.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X