Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Pesohor Ini Beri Sumbangan untuk Corona, Siapa Paling Besar?

Kompas.com - 11/04/2020, 13:32 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

NEWYORK, KOMPAS.com - Tak hanya di sektor pariwisata dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), wabah virus corona (Covid-19) juga mematikan industri hiburan. Banyak di antaranya yang menunda dan membatalkan tur, acara penghargaan, dan syuting film.

Namun, saat pendapatan tidak pasti, para pesohor kelas dunia ini justru menyisihkan pendapatannya untuk membantu penanganan virus corona.

Lantas siapa saja mereka?

1. Angelina Jolie

Dikutip Channel News Asia, Sabtu (11/4/2020), Angelian Jolie menyumbangkan 1 juta dollar AS alias Rp 15,8 miliar kepada No Kid Hungry, yakni sebuah lembaga yang mengakhiri kelaparan pada anak-anak.

Jolie diketahui menyumbang karena dia menyadari penutupan sekolah di wilayahnya membuat beberapa siswa dari keluarga berpenghasilan rendah bisa saja sulit makan.

Baca juga: Wabah Corona Gerogoti Industri Kecil dan Menengah

2. Bong Joon Ho

Menurut Korea Times, direktur Parasite yang memenangkan piala Oscar, Bong Joon-ho menyumbangkan 100 juta won kepada Asosiasi Bantuan Bencana Jembatan Penghubung Korea.

Barunson E&A, perusahaan produksi di balik film itu, juga menyumbangkan 100 juta won untuk mendukung upaya bantuan.

3. George dan Amal Clooney

Pasangan Hollywood A-list ini dilaporkan telah menyumbangkan lebih dari 1 juta dollar AS atau Rp 15,8 miliar (kurs Rp 15.800) untuk 6 organisasi internasional yang membantu upaya bantuan COVID-19.

Dana 250.000 dollar AS atau Rp 3,9 miliar masing-masing akan digunakan untuk dana Film dan Televisi, dana Yayasan SAG-AFTRA dan Dana Walikota Los Angeles.

Kemudian, 300.000 dollar AS atau Rp 4,7 miliar akan diberikan kepada 3 badan amal internasional, yakni Bank Makanan Lebanon, Wilayah Italia Lombardo, dan Layanan Kesehatan Nasional.

4. Kylie Jenner

Salah satu dari 10 miliarder dunia yang usianya belum genap 30 tahun, Kylie Jenner menyumbangkan 1 juta dollar AS ( Rp 15,8 miliar) ke Cedars Sinai Medical Center di Los Angeles.

Sumbangan akan digunakan untuk membeli masker, pelindung wajah, dan alat pelindung lainnya yang akan dikirim langsung.

5. Lady Gaga

Superstar musik pop Lady Gaga akan mengadakan dana solidaritas untuk bantuan virus corona (Covid-19) pada 18 April mendatang.

Pihaknya berencana menampilkan pertunjukan oleh Alanis Morisette, Andrea Bocelli, Billie Eilish, Chris Martin dan banyak lagi.

Lady Gaga, bersama dengan festival musik amal Global Citizen, telah mengumpulkan lebih dari 35 juta dollar AS atau Rp 553 miliar yang akan digunakan untuk membeli peralatan pelindung bagi petugas kesehatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com