Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Kursus Kartu Prakerja: Cara Jualan Online hingga Perawatan Kecantikan

Kompas.com - 12/04/2020, 08:02 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah membuka pendaftaran Kartu Prakerja. Cara mendapatkan Kartu Prakerja bisa dilakukan secara online (cara daftar Kartu Prakerja) di laman resmi www.prakerja.go.id.

Para peserta yang terdaftar akan menerima bantuan uang sebesar Rp 3.550.000 untuk keperluan biaya pelatihan dan insentif. Syarat Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI), usia minimal 18 tahun, dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal.

Dikutip dari laman Prakerja.go.id, Minggu (12/4/2020), ada beberapa pilihan pelatihan yang bisa diambil sesuai dengan minat peserta Kartu Prakerja 2020. Tujuan pelatihan Kartu Prakerja, yakni memberikan keterampilan yang bisa digunakan untuk kebutuhan industri maupun berwirausaha.

Beberapa alternatif pelatihan antara lain cara berjualan secara online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial, dan lain-lain.

Baca juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Tahap Pertama Dibuka, Ini Harapan Menko Perekonomian

"Kamu bisa memilih beragam jenis pelatihan, dari keterampilan teknis sampai cara memulai dan membangun usaha," bunyi keterangan seperti dikutip dari laman Prakerja.go.id.

Kartu Prakerja 2020 terbuka untuk mereka yang sudah bekerja dan berwirausaha. Daftar Kartu Prakerja tak hanya dikhususkan untuk yang berstatus pengangguran atau pun korban PHK.

Hingga saat ini, terdapat delapan platform marketplace yang bakal menjadi perantara antara lembaga pelatihan dan pencari kerja. Kedelapan platform tersebut adalah Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, Sekolah.mu dan Sisnaker.

Sementara untuk mitra pembayarannya menggunakan Link Aja, OVO, dan Bank BNI.

Baca juga: Sudah Resmi Dibuka, Ini Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja

Tes dan seleksi Kartu Prakerja

setiap pendaftar harus mengikuti tes pada situs resmi Kartu Prakerja untuk memenuhi keseluruhan proses pendaftaran. Tes merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi kelolosan.

Tahapan tes dan seleksi Kartu Prakerja dilakukan dalam beberapa batch (seleksi) yang mempunyai periode tertentu dan kuota, pada saat calon peserta melakukan proses pendaftaran, jangan lupa segera untuk ikut seleksi batch agar tidak ketinggalan kuota.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com