Tangani Covid-19, ISEI Donasikan Rp 530 Juta

Kompas.com - 12/04/2020, 10:21 WIB
Ilustrasi Covid-19 ShutterstockIlustrasi Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.- Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) memberikan donasi senilai Rp 530 juta untuk penanganan wabah virus Corona ( Covid-19).

Donasi diserahterimakan oleh Ketua Umum ISEI Pery Warjiyo melalui video conference kepada beberapa lembaga, salah satunya Dompet Dhuafa.

"Kami mengapresiasi tenaga medis yang berjuang menangani covid-19. Donasi ini kami prioritaskan untuk tim medis, alat pelindung diri, dan lainnya," ungkap Pery yang juga Gubernur Bank Indonesia ini seperti dikutip dalam keterangan resminya,  Minggu (11/4/2020).

Baca juga: Luhut Terbitkan Aturan soal Pengendalian Transportasi Cegah Penyebaran Covid-19, Apa Isinya?

Dia menyebutkan,  pengumpulan donasi ini merupakan wujud kepedulian dan tanggung jawab moral ISEI terhadap situasi dan kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini dihadapi oleh masyarakat.

“Semoga upaya yang dilakukan ISEI hari ini dapat memberi kontribusi agar masalah kesehatan, kemanusiaan, dan ekonomi bisa diatasi,” kata Perry.

Adapun donasi ini diberikan kepada Asosiasi Rumah Sakit Swasta (ARSI) sebesar Rp 100 juta, RS Muhammadiyah Rp 100 juta, RS Bhayangkara Brimob Rp 50 juta, RSUD Bangka Selatan Rp 100 juta, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bogor Rp 50 juta, Dompet Dhuafa Rp 100 juta, dan lainnya Rp 50 juta.

Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Nasyith Madjidi mengapresiasi kepedulian ISEI dengan menyalurlan donasi kepada lembaga-lembaga yang aktif dalam penanganan covid-19 dan masyarakat terdampak.

Baca juga: Terdampak Covid-19, Pemerintah Bebaskan Bunga dan Tunda Pembayaran Pokok Kredit Usaha Rakyat

Saat ini menurut dia, Dompet Dhuafa menyiagakan 8 rumah sakit, 21 klinik, 30 ambulance orang sakit, 5 ambulance jenazah, 200 zona layanan, 15.000 relawan untuk melayani masyarakat terkait covid-19. Dompet Dhuafa juga menyiapkan Rumah Sakit Lapangan dan RS Kontainer.

Bantuan yang disalurkan Dompet Dhuafa antara lain Alat Pelindung Diri (APD) tim medis ke 50 rumah sakit di berbagai wilayah, alat kesehatan (Alkes), distribusi Hygiene Kit, rapid test, penyaluran sembako, paket ibadah, penyemprotan disinfektan, layanan Psikososial dan lainnya.

“Kamipun menerjunkan tim respons khusus untuk Penanggulangan Covid-19 ini, yaitu tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, tim Kesehatan dan tim Pemulasaran Jenazah tersertifikasi,” lanjut Nasyith.

Sementara, Ketua ARSI Susi Suli menyampaikan saat ini ada 1.800 rumah sakit swasta di Indonesia. Jumlahnya sekitar 68 persen dari total RS.

"Kami mengucapkan terimakasih atas donasi ISEI," tuturnya.

Baca juga: Bos Hipmi Pinjamkan Hotel untuk Tempat Karantina Pasien Covid-19



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X