BCA Bagi Dividen, Keluarga Hartono Bakal Raup Rp 7,5 Triliun

Kompas.com - 13/04/2020, 09:03 WIB
Budi Hartono FORBESBudi Hartono

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Kamis (9 /4/2020) lalu, telah menyetujui pembagian dividen tunai sebesar 47,9 persen dari laba bersih tahun buku 2019 atau senilai Rp 13,69 triliun.

Dengan total saham BBCA yang mencapai 24,7 miliar, nilai dividen per saham bank milik grup Djarum ini setara Rp 555 per unit saham.

Lantas berapa dividen yang diterima oleh para pemegang saham mayoritas BBCA?

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), pemegang saham BBCA adalah PT Dwimuria Investama Andalan. Perusahaan ini kini menguasai 54,94 persen saham BBCA dengan jumlah saham sekitar 13,546 miliar. Sedangkan masyarakat menguasai 45,06 persen saham BBCA.

Baca juga: BCA Angkat Dua Direksi Baru, Siapa Saja?

Menelisik lebih dalam, pemilik saham PT Dwimuria Investama Andalan adalah dua kakak beradik pemilik Group Djarum, Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono.

Rinciannya, Budi tercatat memiliki saham di Dwimuria Investasma Andalan sebesar 51 persen. Sisa saham Dwimuria dimiliki oleh sang adik, dengan kepemilikan saham sebesar 49 persen.

Lewat Dwimuria, dengan kepemilikan saham BBCA sebesar 54,94 persen atau setara 13,546 miliar saham, duo kakak beradik Bambang dan Budi Hartono ini akan segera meraup dividen sekitar Rp 7,518 triliun.

Berdasarkan kepemilikan saham di Dwimuria, Budi Hartono akan mendapatkan dividen sebesar Rp 3,834 triliun. Sedangkan Bambang Hartono akan mendapatkan dividen BBCA Rp 3,683 triliun.

Tak hanya duo kakak beradik itu saja yang akan meraup dividen jumbo dari saham BBCA.

Baca juga: BCA Tebar Dividen Rp 13,69 Triliun

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X