Tokopedia Pastikan Tidak Lakukan PHK dan Pemotongan Gaji Karyawan

Kompas.com - 13/04/2020, 14:00 WIB
Ilustrasi berbelanja online di Tokopedia DOKUMENTASI TOKOPEDIAIlustrasi berbelanja online di Tokopedia

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan e-commerce Tokopedia menyatakan tidak melakukan PHK dan pemangkasan gaji para karyawannya di tengah wabah Corona.

VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan perusahaan saat ini lebih fokus untuk membantu pemerintah dalam mengatasi masalah dampak penyebaran virus corona (Covid-19), sehingga opsi tersebut tidak menjadi pilihan yang tepat saat ini.

“Untuk isu PHK dan pemotongan gaji karyawan, Tokopedia memilih untuk tidak mengambil langkah tersebut dalam membantu menangani pandemi ini,” ungkap Nauraini melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Senin (13/4/2020).

Baca juga: Pandemi Covid-19, Tokopedia Tiadakan Program Ramadhan Ekstra Tahun Ini

Virus Corona berdampak pada beragam sektor di tanah air. Banyak perusahaan yang terpaksa gulung tikar karena usahanya tidak menghasilkan profit.

Beberapa perusahaan terpaksa merumahkan karyawannya dengan pemotongan gaji. Bahkan ada juga yang melakukan PHK karena kondisi finansial perusahaan yang terbatas.

Nuraini memastikan, saat ini perusahaan berada pada kondisi finansial yang kuat, sehingga mampu membayarkan gaji karyawan secara penuh, demikian juga dengan insentif THR (Tunjangan Hari Raya).

“Tidak ada PHK atau pemotongan gaji pokok, dan THR akan dibayarkan sesuai peraturan perundangan,” tegasnya.

Kondisi finansial yang kuat ini juga dibuktikan dengan pemberian potongan harga terhadap beberapa kebutuhan prioritas saat ini seperti alat kesehatan, makanan dan minuman.

“Kami juga mengambil langkah untuk memberikan diskon biaya layanan 100 persen bagi penjual di kategori tertentu, seperti alat kesehatan, makanan dan minuman. Ini dilakukan demi mendorong penjual untuk selalu memastikan ketersediaan produk, juga menjaga harga tetap stabil di masa seperti ini,” tegasnya.

Tokopedia juga saat ini fokus membantu pemerintah dengan menelurkan berbagai inisiatif demi meminimalisir dampak pandemic dari sisi ekonomi.

Baru-baru ini Tokopedia melakukan kampanye Jaga Ekonomi Indonesia. Hal ini mencakup upaya Tokopedia memenuhi kebutuhan tanpa harus ke luar rumah, menjaga kelangsungan bisnis para penjual, sekaligus turut mendorong pemulihan ekonomi Indonesia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X