Erick Thohir: Corona Mengajarkan Kita agar Tak Tergantung Negara Lain

Kompas.com - 13/04/2020, 16:32 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (21/2/2020). Kompas.com/AKHDI MARTIN PRATAMAMenteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (21/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku mendapat banyak pelajaran dari mewabahnya Covid-19 di Indonesia.

Salah satu pelajaran yang diambil Erick dari musibah ini, yakni soal kemandirian bangsa.

“Karena Covid-19 ini mengajarkan kita supaya tidak tergantung dengan bangsa lain, walaupun bukan berarti kita anti-asing,” ujar Erick dalam perayaan ulang tahun Kementerian BUMN, Senin (13/4/2020).

Erick menambahkan, sejak mewabahnya virus corona, rantai pasokan Indonesia terganggu. Sebab, selama ini banyak komoditas yang beredar di Indonesia dipasok dari negara lain.

“Banyak sekali yang kita pelajari dari Covid-19, bagaimana supply chain terganggu," ucap dia.

Baca juga: Insentif Pajak di Tengah Virus Corona Jadi Angin Segar Dunia Usaha?

"Majalah Economist mengeluarkan sejumlah poin, salah satunya kemandirian kita sebagai bangsa, bukan berarti anti-asing, tapi bagaimana supply chain kita harus terjaga,” kata Erick.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Erick menuturkan, mewabahnya corona di Indonesia harus dijadikan ajang introspeksi diri. Hal ini perlu dilakukan agar kita siap menghadapi dinamika-dinamika yang mungkin terjadi di kemudian harinya.

“Saya lihat Covid ini baik untuk semua, baik untuk masing-masing individu introspeksi diri, punya kesempatan berkumpul dengan orang-orang yang kita cintai, punya waktu (untuk) keluarga kita,” ucap dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X