Erick Thohir Ungkap Ada Bos BUMN yang Tak Mengerti Laporan Keuangan

Kompas.com - 13/04/2020, 20:31 WIB
Ilustrasi laporan keuangan. shutterstock.comIlustrasi laporan keuangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku mendapat laporan soal adanya petinggi perusahaan plat merah yang tak mengerti laporan keuangan. Namun, Erick tak mengungkap siapa direksi yang dia maksud tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Erick saat memberi sambutan dalam perayaan ulang tahun Kementerian BUMN ke-22, Senin (13/4/2020).

“Kalau kita enggak kompeten bagaimana? Apalagi kalau mengangkat direksi BUMN tidak kompeten, apalagi saat ini ada banyak laporan bahwa direksi BUMN tak mengeti laporan keuangan,” ujar Erick.

Baca juga: Erick Thohir: Hanya 10 Persen BUMN yang Siap Berdiri Tegak...

Atas dasar itu, Erick menginginkan adanya pelatihan-pelatihan agar para direksi BUMN kompeten di bidangnya.

“Kompetensi penting, sebab jangan sampai duduki jabatan belum tentu kita cocok. Jika sampe duduk juga harus ditraining dengan baik agar bisa kompeten,” kata Erick.

Menteri BUMN pun menginginkan ke depannya pemilihan direksi perusahaan plat merah dilakukan dengan transparan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, dia juga menginginkan adanya sistem yang menyeleksi auditor keuangan. Dengan begitu, diharapkan tak ada lagi manipulasi laporan keuangan.

“Perushaan memilih e-procurement dan nanti dinilai. Nanti juga enggak ada lagi window dresssing. Keliatan kalau utang jatuh tempo enggak bisa bayar, jadi nanti ada kelihatan, ada sistem yang terbuka,” ucap dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X