Mentan Siapkan ATM Beras Gratis bagi Masyarakat Miskin

Kompas.com - 14/04/2020, 12:12 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam salah satu kesempatan. DOK. Humas Kementerian PertanianMenteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam salah satu kesempatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo akan memberikan beras gratis bagi masyarakat miskin melalui semacam mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Mesin ATM beras itu nantinya akan menyediakan kebutuhan beras 1,5 kilogram (kg).

"Saya lagi membuat ATM beras gratis untuk kaum miskin dhuafa yang tidak terfasilitasi oleh yang lain. Lagi dibuat mesinnya, orang pencet keluar satu setengah kilo," katanya melalui konferensi video, Jakarta, Selasa (14/4/2020).

Sementara untuk daerah-daerah tertentu di pelosok negeri masih minim teknologi, pembagian beras gratis bisa dilakukan secara manual dengan menyertakan identitas kartu penduduk.

"Tapi yang tidak punya fasilitas, tidak apa-apa. Yang dalam bilik gedung, ada dua sampai tiga keluarga di situ. yang punya KTP mungkin boleh datang," ucapnya.

Baca juga: Lawan Corona, Mentan: Ini Pertarungan Dunia Akhirat...

Syahrul telah meminta pejabat eselonnya untuk menghitung jumlah kebutuhan pembagian beras gratis kepada masyarakat miskin.

Dia memastikan ATM beras gratis ini bisa terealisasi dengan memangkas sejumlah anggaran Kementerian Pertanian yang tidak mendesak.

"Saya sudah minta Pak Sekjen untuk menghitung dan hasilnya sekian ratus miliar, saya bilang enggak apa-apa, tunda yang lain," katanya.

Selain itu, Syahrul juga mulai mempersiapkan kondisi usai pandemi virus corona (Covid-19) berlalu.

"Presiden RI selalu menggelar ratas. Ini harus dipersiapkan. Tantangan kedua yang Kementerian Pertanian hadapi adalah krisis pangan sesudah Covid-19. Oleh karena itu kami akan bekerja," ucapnya.

Baca juga: Hari Pancasila, Purwakarta Rilis ATM Beras Premium untuk Warga Miskin



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X