Mentan: Stok Daging Sapi hingga Telur Ayam Surplus

Kompas.com - 14/04/2020, 12:39 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, saat me-launching TTIC, di Toko Daging Nusantara Bekasi, Sabtu (11/4/2020). DOK. Humas Kementerian PertanianMenteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, saat me-launching TTIC, di Toko Daging Nusantara Bekasi, Sabtu (11/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan ketersediaan sejumlah bahan pangan aman untuk mencukupi kebutuhan masyarakat selama pandemi virus corona (Covid-19).

"Persediaan kita, neraca kita se-Indonesia khusus untuk protein daging itu, termasuk di dalamnya adalah daging sapi, kerbau, dan ayam serta telur (ayam) semua surplus. Dan saya melihat bahwa sebelas pangan dasar pun surplus," ujarnya melalui konfrensi video, di Jakarta, Selasa (14/4/2020).

Sementara untuk neraca perdagangan, Syahrul juga memastikan tidak ada masalah signifikan, kendati aktivitas impor pangan terganggu adanya pandemi Covid-19.

Baca juga: Mentan Siapkan ATM Beras Gratis bagi Masyarakat Miskin

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), neraca perdagangan pada pertengahan Maret 2020 mengalami surplus sebesar 2,34 miliar dollar AS.

"Jadi neraca kita oke, walaupun impornya terlambat atau tidak tepat waktu tidak bersoal, karena daging lokal kita sebenarnya siap dari neraca yang ada," ucapnya.

Syahrul memerintahkan kepada pemerintah daerah di 34 provinsi agar segera melaporkan perkembangan stok bahan pangan sehingga ia bisa melaporkannya kepada Presiden Joko Widodo.

"Dengan apa yang ada hari ini, saya yakin pada langkah-langkah kami besok akan memberikan kontribusi, sumbangsih agar kita menghadapi Covid-19 ini dengan tenang," kata dia.

Baca juga: RS Siloam Gratiskan Biaya Tes Swab hingga Perawatan Pasien Covid-19



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X