Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Pertahankan Suku Bunga di Level 4,5 Persen

Kompas.com - 14/04/2020, 15:29 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) resmi mempertahankan suku bunga acuan alias BI 7-Days Reserve Repo Rate (BI 7DRRR) di level 4,5 persen. Hal itu disetujui dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada 13-14 April 2020.

"Rapat Dewan Gubernur BI pada tanggal 13-14 April 2020 memutuskan untuk mempertahankan BI-7DRRR sebesar 4,5 persen," kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam konferensi video, Selasa (14/4/2020).

Selain itu, Perry mengatakan BI juga mempertahankan suku bunga deposit facility sebesar 3,76 persen dan suku bunga lending facility sebesar 5,25 persen.

Baca juga: Bank Indonesia Siap Injeksi Tambahan Likuiditas Jika Diperlukan

Perry menyebut, keputusan ini mempertimbangkan menjaga stabilitas eksternal di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang saat ini masih relatif tinggi, termasuk stabilitas nilai tukar di tengah ketidakpastian pasar keuangan global.

"Meskipun Bank Indonesia tetap melihat adanya ruang penurunan suku bunga dengan rendahnya tekanan inflasi dan perlunya mendorong pertumbuhan ekonomi," pungkas Perry.

Sebelumnya, Perry sempat memberi isyarat suku bunga tetap dipertahankan meski inflasi pada Maret 2020 terpantau stabil dan terkendali. Alih-alih menurunkan suku bunga lebih lanjut, pihaknya akan fokus dalam stabilisasi nilai tukar rupiah yang mulai menguat ke level Rp 15.700 per dollar AS.

Baca juga: Ini Alasan BI Belum Berencana Turunkan Suku Bunga Acuan Lagi

Dia menuturkan, Bank Indonesia akan sangat hati-hati mengambil langkah saat pasar keuangan global masih mengandung ketidakpastian yang tinggi meski BI memiliki cukup ruang untuk menurunkan suku bunga.

"Itu memang kalau dari sisi kebijakan masih ada ruang untuk penurunan suku bunga. Tapi apa saya gunakan? Di sinilah saya sampaikan, BI akan sangat hati-hati karena pertimbangan stabilitas nilai tukar," kata Perry dalam konferensi video, Selasa (7/4/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com