Pemerintah Naikkan Harga Tiket Transportasi untuk Hambat Penyebaran Corona

Kompas.com - 14/04/2020, 21:00 WIB
Ilustrasi tiket pesawat THINKSTOCKIlustrasi tiket pesawat

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sekaligus Menhub Ad Interim mengatakan, pemerintah sengaja menaikkan harga tiket transportasi umum termasuk tiket pesawat agar dapat memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia.

"Kalau soal tiket pesawat, memang kita nggak mau orang keluar dari Jakarta. Kami menaikkan saja," katanya melalui konfrensi video, di Jakarta, Selasa (14/4/2020).

Dengan kenaikan harga tiket seluruh moda transportasi, diharapkan masyarakat berpikir ulang untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

"Karena kita harus jaga jarak, satu pesawat hanya boleh 50 persen. Jadi bukan menaikkan cost pesawat itu," ujarnya.

Baca juga: PSBB Berlaku, Harga Tiket Bus Bakal Naik?

Begitu pula dengan keputusan mudik Lebaran tahun ini. Menurut dia, pemerintah akan melihat perkembangan jumlah korban yang terkena penyakit virus corona ini. Bila jumlah korban Covid-19 terus meningkat, maka larangan mudik bakal diberlakukan.

"Iya kita memang nggak mau orang keluar dari Jakarta. Kita ingin semua itu tinggal di tempat. Mungkin bisa saja minggu depan pemerintah menetapkan tidak ada mudik, itu bisa saja. Tergantung dari penilaian keadaan ini. Kalau kelihatannya belum ada penurunan signifikan, bisa saja kita bilang tutup saja, jangan ada dulu mudik," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.