Kompas.com - 15/04/2020, 08:14 WIB
Suasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018). IHSG dibuka pada 6.381,18 naik 22,56 poin dibandingkan penutupan perdagangan Jumat lalu. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSuasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018). IHSG dibuka pada 6.381,18 naik 22,56 poin dibandingkan penutupan perdagangan Jumat lalu.
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Hari ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) diproyeksikan akan melanjutkan penguatan. Kemarin IHSG ditutup positif dengan kenaikan 1,8 persen.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, kenaikan IHSG hari ini terdorong oleh optimisme pasar mengenai jumlah kasus virus corona yang semakin berkurang. Selain itu, sentimen positif datang dari rilis data ekonomi China yang menunjukkan hasil lebih baik daripada perkiraan pelaku pasar.

“Indeks keliatannya akan kembali menguat. Pertama faktornya adalah data ekonomi China yang lebih baik dari perkiraan dan yang kedua adalah optimisme investor bahwa kasus pandemi virus corona mampu dilewati,” kata Hans kepada Kompas.com.

Baca juga: Pemerintah Minta BLT Dana Desa Dibagikan Secara Non Tunai

Selanjutnya Hans mengatakan, AS juga memangkas proyeksi angka kematian di negaranya kisaran 100.000 sampai dengan 200.000 kematian, dan sekarang perkiraan AS hanya 60.000-an orang. Dengan begitu maka ekonomi AS berpotensi dibuka lebih cepat daripada sebelumnya.

Hal ini berdampak pada kenaikan indeks Wall Street, dimana indeks Dow Jones berhasil naik 559 poin (2,39 persen). Nasdaq juga mengalai kenaikan 323 poin (3,9 persen) dan S&P 500 juga naik 84 poin (3,05 persen).

Sementara itu, Eropa juga mulai optimis terhadap pengurangan kasus virus corona. Hal ini mengingat jumlah kasus di Spanyol dan Italia yang merupakan kawasan penyumbang kasus tertinggi corona, mulai berkurang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hans mengatakan Eropa mulai optimis terhadap kasus corona cepat terselesaikan setelah data kasus Covid-19 dibuka dan jumlah kematian menurun, Eropa berencana mengurangi kawasan lockdown.

Baca juga: Luhut: Soal Said Didu, Itu Urusan Anak Buah Saya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X