KRL Diusulkan Berhenti Operasi, Ini Jawaban PT KCI

Kompas.com - 15/04/2020, 10:01 WIB
Sejumlah rangkaian kereta rel listrik terpakir di Dipo Depok, Jawa Barat, Senin (23/3/2020). PT Kereta Commuter Indonesia membatalkan pembatasan jam operasional dan akan mengembalikan jam operasional Kereta rel listrik (KRL) menjadi normal mulai Senin (20/3) pukul 15.00 WIB imbas padatnya penumpang pada pagi harinya. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww. ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHASejumlah rangkaian kereta rel listrik terpakir di Dipo Depok, Jawa Barat, Senin (23/3/2020). PT Kereta Commuter Indonesia membatalkan pembatasan jam operasional dan akan mengembalikan jam operasional Kereta rel listrik (KRL) menjadi normal mulai Senin (20/3) pukul 15.00 WIB imbas padatnya penumpang pada pagi harinya. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Operasional Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line berjalan normal pada hari pertama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Bogor, Depok, dan Bekasi, Rabu (15/4/2020), meski ada wacana penghentian operasional bergulir.

Sebanyak lima kepala daerah tingkat kota dan kabupaten di Bogor, Depok, dan Bekasi pun sepakat mengusulkan penghentian sementara operasional KRL saat penerapan PSBB yang akan dimulai serentak hari ini.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan, pihaknya masih membahas lebih lanjut operasional Commuter Line selama PSBB berlangsung. Apalagi daerah penyangga Ibu Kota (Bodebek) mulai menerapkan PSBB hari ini dan Tangerang mulai Sabtu (18/4/2020).

Baca juga: Pagebluk Corona, THR Presiden hingga Anggota DPR Tak Cair

Dia menuturkan, KCI akan segera memberikan pembaruan informasi bila ada perubahan jadwal lebih lanjut.

"Masih normal hari ini. Kalau ada perubahan, akan diinfo karena masih dalam pembahasan," kata Anne kepada Kompas.com, Rabu (15/4/2020).

Anne meminta semua pihak untuk terus memperbarui informasi terkini demi kelancaran bersama.

"Ditunggu, ya, update-nya," katanya singkat.

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub Budi Rahardjo mengatakan, operasional KRL akan normal setidaknya hingga 17 April 2020.

Baca juga: Bogor, Depok dan Bekasi Terapkan PSBB, Bank Buka atau Tutup?

Pihaknya belum membuat keputusan soal permohonan penghentian sementara operasional KRL selama PSBB di Bodebek yang telah diajukan para kepala daerah di wilayah itu.

"Belum ada keputusan. Namun, sampai tanggal 17 (April) dipastikan KRL masih beroperasi," kata Budi Rahardjo, Selasa (14/4/2020).

Budi berujar, operasional KRL pada Rabu (15/4/2020) sama seperti operasional KRL pada hari-hari sebelumnya. Namun, mulai Kamis (16/4/2020), waktu operasional KRL akan dikurangi.

"Untuk tanggal 16-17, ada sedikit pengurangan jadwal. Kalau tidak salah, pagi mulai jam 05.00 dari luar Jakarta (Bodetabek), sedangkan sore berakhir sampai jam 18.00 WIB dari Jakarta," ungkap Budi.

Baca juga: Luhut: Soal Said Didu, Itu Urusan Anak Buah Saya



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X