Dua Sentimen Bakal Bayangi Pergerakan Rupiah Hari Ini

Kompas.com - 15/04/2020, 10:38 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Rabu (15/4/2020) kembali melemah tipis dan bakal dibayangi dua sentiment yang saling bertolak belakang.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.20 WIB rupiah berada pada level Rp 15.650 per dollar AS atau melemah 5 poin (0,03 persen) dibandingkan penutupan Selasa pada level Rp 15.645 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan pelemahan terjadi terdorong sentiment negatif yang datang dari proyeksi negatif IMF terhadap pertumbuhan ekonomi global di 2020 karena wabah virus corona mendorong pemerintah mengambil kebijakan lockdown.

Baca juga: Rupiah Menguat ke Rp 15.600 Per Dollar AS, Tak Lagi Andalkan "Jamu Manis" BI

“Laporan-laporan earnings yang mulai dirilis juga menunjukkan dampak negatif wabah terhadap kinerja perusahaan. Sentimen negatif ini bisa mendorong pelaku pasar menahan diri untuk masuk ke aset berisiko,” kata Ariston kepada Kompas.com

Namun demikian pasar juga akan merespon positif terhadap rencana beberapa negara di kawasan Eropa membuka lockdown. Hal ini mengingat jumlah kasus di negara-negara Eropa seperti Spanyol dan Italia yang mulai berkurang.

“Pasar akan tarik menarik antara dua sentimen yagn bertolak belakang. Ada juga sentiment negative seperti rencana terbukanya lockdown negara-negara episentrum pandemi seperti AS dan Eropa, mengikuti China karena kasus Covid terlihat mulai melandai,” jelasnya.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 15.600 per dollar AS sampai dengan Rp 15.750 per dollar AS.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X