Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Batas Akhir Pendaftaran Kartu Prakerja | Ojol jadi Anak Emas

Kompas.com - 16/04/2020, 06:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kartu Prakerja masih menjadi perbincangan yang hangat di masyarakat. Hal tersebut membuat berita-berita terkait hal itu menjadi terpopuler sepanjang hari kemarin, Rabu (15/4/2020).

Salah satunya adalah batas pendaftaran Kartu Prakerja gelombang pertama yang akan berakhir pada hari ini, Kamis (16/4/2020).

Sementara itu berita terpopuler lainnya adalah sorotan dari MTI tentang ojek online atau Ojol yang selama ini menjadi anak emas. Berikut daftar berita terpopulernya:  

1. Besok, Pendaftaran Terakhir Kartu Prakerja Gelombang I

Pendaftaran Kartu Prakerja dibuka pemerintah sejak 11 April 2020. Cara mendaftar Kartu Prakerja dilakukan secara online di laman Prakerja.go.id.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, daftar Kartu Prakerja bisa dilakukan setiap saat, 24 jam 7 hari dalam seminggu. Untuk gelombang pertama, pendaftaran dibuka sampai Kamis 16 April 2020, pukul 16.00 WIB.

"Sampai akhir 2020, direncanakan akan ada lebih dari 30 gelombang pendaftaran. Dan, total anggaran yang disediakan oleh pemerintah untuk tahun ini adalah sebesar Rp 20 triliun," kata Airlangga dalam keterangannya seperti dikutip Kamis (15/4/2020). Selengkapnya silakan baca di sini.

2. MTI: Jangan Ojol Terus yang Jadi Anak Emas

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia ( MTI), Djoko Setijowarno menilai profesi pengemudi ojek online ( ojol) atau daring bukanlah satu-satunya profesi pengemudi angkutan umum yang mengalami penurunan pendapatan di masa pandemi Covid-19.

Diungkapkan Djoko, perhatian pemerintah dan BUMN cukup berlebihan terhadap pengemudi ojek daring. Walaupun dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, ojek bukan termasuk angkutan umum.

Seyogyanya, kata dia, pemerintah dan BUMN dapat bertindak adil terhadap seluruh profesi pengemudi angkutan umum. Selengkapnya silakan baca di sini.

3. Kapan Hasil Kelulusan Seleksi Kartu Prakerja Gelombang I Diumumkan?

Pendaftaran Kartu Prakerja telah dibuka oleh pemerintah sejak 11 April lalu. Para pendaftar Kartu Pekerja 2020 yang lolos akan menerima bantuan uang untuk biaya pelatihan dan insentif sebesar Rp 3.550.000 yang diberikan secara bertahap dalam empat bulan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+