Ini Cara Efektif Bicara Soal Keuangan dengan Pasangan Saat Covid-19

Kompas.com - 16/04/2020, 06:59 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara tentang uang dengan pasangan selama masa-masa sulit mungkin lebih sulit dibanding dalam keadaan normal. Ada kemungkinan percakapan soal keuangan menjadi sensitif dan berbeda dibanding biasanya.

Perencana keuangan Marcy Keckler mengatakan, bicara tentang uang dalam keadaan normal saja biasanya sulit bagi sebagian orang. Apalagi saat ini wabah virus corona menggerus pendapatan.

"Selama periode ketidakpastian, pasangan mungkin berurusan dengan stres yang bisa membuat percakapan sulit menjadi lebih menantang," ujar Keckler dikutip dari CNBC, Kamis (16/4/2020).

Anda mungkin perlu menyesuaikan cara Anda dan orang-orang penting lainnya dalam membahas keuangan.

Baca juga: 4 Tips Mengelola Keuangan saat Pendapatan Berkurang akibat Covid-19

Mengutip dari para ahli perencana keuangan, begini caranya bicara tentang uang, topik mana yang harus dicakup, dan seberapa sering melakukan check in satu sama lain selama masa-masa sulit ini.

1. Ekstra sensitif terhadap perasaan pasangan

Selama periode ketidakpastian ekonomi ini, orang terikat merasa lebih cemas tentang keuangan.

"Untuk itu, penting untuk mendengarkan dan mengakui ketakutan pasangan Anda dan berkomunikasi secara terbuka," kata perencana keuangan bersertifikat di perusahaan keuangan pribadi online SoFi, Lauren Anastasio.

Perencana keuangan Monica Dwyer mengatakan, pembicaraan mengenai keuangan harus dilakukan selama masa pandemi, sebab itu ide bagus bila dilakukan dengan cara yang benar.

"Pastikan Anda berada di sisi yang sama, dan tidak menyerang atau mengkritik orang lain. Karena ini adalah saat yang menegangkan, sangat penting bagi Anda untuk bersikap baik satu sama lain," tambah Dwyer.

Sepanjang diskusi, cobalah untuk memikirkan dari mana pasangan Anda berasal dan mengapa. Mereka mungkin sangat khawatir tentang masalah yang Anda belum pikirkan atau tidak terlalu ditekankan. Sangat penting bagi Anda untuk mendengarkan dengan cermat dan sungguh-sungguh mempertimbangkan kekhawatiran mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X