Data Ekonomi Digerogoti Corona, Rupiah Terdorong Melemah

Kompas.com - 16/04/2020, 09:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Kamis (16/4/2020) kembali melemah.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.12 WIB rupiah berada pada level Rp 15.669 per dollar AS atau melemah 94 poin (0,6 persen) dibandingkan penutupan Rabu pada level Rp 15.575 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan pelemahan rupiah terdorong oleh sentimen negatif dari rilis data penjualan retail dan manufaktur AS yang buruk.

Data tersebut menunjukkan dampak negatif dari pandemi virus corona terhadap pergerakan ekonomi AS.

Rupiah berpotensi berbalik melemah hari ini mengikuti sentimen negatif global,” ungkap Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Investor Buru Dollar AS setelah Data Tunjukkan Ekonomi Amerika Suram

Rilis data ekonomi AS menunjukkan data penjualan ritel bulan Maret turun -8,7 persen (penurunan terdalam sejak tahun 1992) dan indeks aktivitas manufaktur di wilayah New York juga terjun bebas -78,2 persen

Sementara itu, laporan Bank Sentral AS menunjukkan perekonomian terbesar dunia ini akan semakin memburuk ke depan. Termasuk tingkat pengangguran yang diramalkan akan terus naik, akibat terhentinya aktivitas ekonomi karena wabah.

Dana Moneter Internasional (IMF) juga sempat meramalkan, pertumbuhan ekonomi global akan melambat di tahun 2020. Hal ini terjadi akibat pandemi virus corona yang berlangsung sejak awal tahun 2020, menyebabkan industri mengalami banyak kerugian.

“IMF sudah mengeluarkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global yang negatif di tahun 2020 karena wabah yang menghentikan atau menurunkan aktivitas perekonomian,” jelasnya.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 15.550 per dollar AS sampai dengan Rp 15.750 per dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.