Inul Daratista Semangati Para Petani yang Penuhi Pangan Masyarakat Selama Pandemi

Kompas.com - 16/04/2020, 10:47 WIB
Pedangdut Inul Daratista saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Pusat, Jumat (17/1/2020). KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISIPedangdut Inul Daratista saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Pusat, Jumat (17/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dangdut Inul Daratista mengirim sebuah pesan semangat dan ungkapan rasa terima kasih untuk para pejuang pangan yakni petani yang kini sedang berusaha memenuhi kebutuhan pangan masyarakat selama masa pandemi virus corona (Covid-19).

"Kepada para petani, juga pemerintah saya bangga dengan kerja keras kalian. Saya bangga karena kalian mampu menyediakan pangan untuk kebutuhan masa darurat Covid-19. Kalian mampu merawat negeri ini menjadi indah dan terus kaya. Kaya alamnya dan subur tanahnya," ujar Inul melalui keterangan tertulis, Kamis (16/4/2020).

Menurut Inul, petani dan pemerintah saat ini memiliki peranan yang sangat penting karena kebutuhan pangan adalah kebutuhan pokok bagi semua orang. Termasuk pejuang kemanusiaan seperti dokter, perawat maupun pekerja media lainya yang sama-sama luar biasa berjuang memutus rantai virus corona.

Baca juga: DPR Desak Pemerintah Beli Gabah Petani

Inul berharap, dukungan kepada para petani bisa semakin meluas hingga sektor ini menjadi sebuah gerakan bersama dalam membangun dunia pangan nasional. Dia ingin, semua orang memiliki kesadaran bahwa pertanian adalah sektor penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Minimal kita memulai lagi bercocok tanam dan membeli pangan lokal. Kemudian kita juga bisa melakukan kampanye kepada semua orang bahwa pertanian itu sangat penting. Lalu kita juga harus mendukung, bahkan membantu para petani kita agar memiliki semangat produksi," katanya.

"Sekali lagi, kita harus apresiasi kerja keras para petani dan pemerintah yang membuat semua kebutuhan kita tercukupi setiap hari. Apalagi di saat seperti ini kebutuhan pangan menjadi sesuatu yang wajib tersedia. Bagi saya petani adalah garda terdepan dalam melawan wabah corona," sambung Inul.

Inul yakin, ke depan pertanian Indonesia akan berkembang pesat seiring modernisasi dan teknologi yang terus diterapkan. Apalagi, pemerintah juga tengah fokus pada pengembangan sumber daya manusia unggul, khsuusnya di bidang pertanian.

"Kita doakan saja, semoga melalui sektor pertanian Indonesia semakin jaya, semkain maju dan semakin makmur," tutup penyanyi yang juga juri program Dangdut Academy ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X