Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minggu Depan, Peserta Kartu Prakerja Mulai Dapat "Gaji"

Kompas.com - 17/04/2020, 06:41 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 200.000 pendaftar Kartu Prakerja akan dinyatakan lolos seleksi dan menerima manfaat dalam gelombang pertama yang ditutup Kamis (16/4/2020).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, 200.000 orang yang sudah bisa mengikuti pelatihan tersebut akan menerima "gaji" sebesar Rp 3,55 juta.

Insentif bakal dikirimkan melalui dompet digital yang bekerja sama dengan pemerintah mulai minggu depan. Sehingga peserta langsung bisa mengikuti pelatihan mulai minggu depan pula.

"(Jika) sudah ikut pelatihan dan dapat sertifikasi maka otomatis buat sistem yang bersangkutan mempunyai virtual account. Nanti dipilih, LinkAja, OVO, atau e-wallet apapun," kata Airlangga dalam konferensi video di Jakarta, Kamis (16/4/2020).

Baca juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang II Dibuka, Silakan Daftar...

Adapun insentif bantuan pelatihan dengan total Rp 3,55 juta atau Rp 3.550.000 terdiri dari biaya bantuan pelatihan Rp 1 juta. Dana sebesar Rp 1 juta itu memungkinkan peserta menerima lebih dari 1 pelatihan.

Peserta bisa mengikuti pelatihan kedua bila saldo masih tersisa dan telah melengkapi pelatihan pertama.

"Kalau sudah ikut 1 pelatihan, misal ambil biaya pelatihan Rp 400.000. Maka untuk biaya pelatihan yang disediakan pemerintah Rp 1 juta itu masih bisa dimanfaatkan untuk pelatihan berikutnya. Dengan syarat, pelatihan pertama diselesaikan lengkap," jelas Airlangga.

Baca juga: Gelombang I Kartu Prakerja: 5,9 Juta Pendaftar, 2,78 juta Lolos, 200.000 Diterima

Peserta juga akan menerima insentif penuntasan pelatihan Rp 600.000 per bulan yang diberikan selama 4 bulan berturut-turut. Bantuan lainnya, yakni survei kebekerjaan Rp 150.000. Bantuan ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk peserta.

"Minggu depan sudah ada peserta Kartu Prakerja yang dapatkan batch pelatihan sebesar Rp 600.000. Akan terus diberikan satu bulan berikutnya selama 4 bulan. Tentunya nanti akan ada evaluasi dalam bentuk survei, yang tiap survei diberi Rp 50.000," jelas dia.

Jenis pelatihan yamg tersedia dalam program Kartu Prakerja sebanyak 2.055 pelatihan dari 198 lembaga melalui 8 platform mitra Kartu Prakerja.

Pelatihan bisa diakses melalui daring (online) di 8 platform, antara lain Tokopedia, Skill Academy by Ruang Guru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Kemnaker, dan Pijar Mahir.

Baca juga: Kursus Program Kartu Prakerja: Pelatihan Ojek Online Rp 1 Juta, Perlu?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com