Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OVO, Grab dan Tokopedia Galang Bantuan Untuk Para Pekerja Informal

Kompas.com - 17/04/2020, 18:47 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokopedia, OVO, dan Grab, menggalang bantuan sampai dengan Rp 1,5 miliar untuk disalurkan dalam bentuk sembako bagi pekerja informal yang terdampak pandemi Covid-19 menjelang bulan Ramadhan.

Dalam penggalangan dana ini, partisipan bisa berdonasi melalui akun Tokopedia, OVO dan Grab. Donasi yang terkumpul akan disalurkan dalam bentuk paket sembako oleh platform BenihBaik didistribusikan kepada puluhan ribu pekerja informal yang berada di Jabodetabek.

Dengan pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), donasi ini dipastikan minim kontak, dari mulai pengumpulan dana, pemesanan barang, hingga pengiriman.

Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra mengatakan, OVO terus mengedukasi transaksi dan donasi nontunai, terutama di masa-masa pandemic virus corona saat ini.

Baca juga: Pemerintah Minta BLT Dana Desa Dibagikan secara Nontunai

“Dengan menggunakan platform digital, diharapkan memfasilitasi masyarakat Indonesia berpartisipasi, berkontribusi dan berbagi kebaikan di bulan Ramadan,” katanya dalam siaran media, Jumat (17/4/2020).

Adapun paket sembako yang akan dibagikan kepada para pekerja informal mencakup beras, gula, minyak goreng, dan biskuit.

Untuk memastikan kontak dan keterlibatan uang tunai secara minimum, BenihBaik akan melakukan pembayaran menggunakan OVO dan paket sembako akan dikirimkan oleh layanan kurir instan GrabExpress, langsung ke penerima manfaat.

Kampanye program patungan untuk berbagi menjadi tahun kedua aksi kolaborasi, solidaritas, dan berbagi oleh OVO, Tokopedia, dan Grab, melalui optimalisasi aset digital yang dimiliki untuk menyebarkan niat baik.

Melissa Siska Juminto, COO Tokopedia juga mengungkapkan, Tokopedia percaya penggunaan teknologi dapat mendorong lebih banyak orang Indonesia berpartisipasi dalam berdonasi, terutama mereka yang bekerja di sektor informal dan kehilangan pendapatan mereka karena pandemi Covid-19.

“Di Patungan Untuk Berbagi THR kali ini, kami mendorong gerakan donasi tanpa kontak, mulai dari pengumpulan dana, pesanan barang, hingga pengiriman bantuan,” jelasnya.

Sementara itu, Neneng Goenadi selaku Managing Director Grab Indonesia juga menjelaskan, program penggalangan dana merupakan komitmen perusahaan dalam membawa dampak positif dari teknologi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com