Atasi Virus Corona, Anggaran Kementerian ATR Dipangkas Rp 1,9 Triliun

Kompas.com - 17/04/2020, 19:41 WIB
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil Dokumentasi Kementerian ATR/BPNMenteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil mengungkapkan ada sejumlah pos anggaran di Kementerian ATR yang dipangkas sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020.

Dana tersebut dialokasikan untuk penanganan wabah Corona. Adapun besaran anggaran yang akan dipangkas sebesar Rp 1,9 triliun.

"Intinya petunjuk presiden, semua pekerjaan atau program-program yang tidak terlalu mendesak kita realokasi. Terutama biaya perjalanan dinas, biaya rapat, biaya-biaya yang berkaitan dengan manajemen support yang tidak mendesak," katanya dalam konfrensi pers virtual, Jumat (17/4/2020).

Baca juga: Pemerintah Realokasi APBN untuk Tangani Virus Corona, Ini Kata DPR

Selain itu, lanjut Sofyan Djalil, proyek pembangunan pemerintah dan sudah melalui proses lelang akan diubah menjadi proyek jangka panjang serta menghemat anggaran.

"Kemudian, barang kali kita lihat ada pembangunan one year, kita ubah multi year hingga tidak ada yang mangkrak," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto menguraikan, pemotongan sebesar Rp 1,9 triliun tersebut bakal dilakukan pada awal semester pertama 2020.

"Pemotongan sekitar Rp 900 miliar lebih. Itu ada beberapa yang kita kurangi selama satu semester ini. Terus kita diberitahukan lagi potongan Rp 1 triliun. Kami juga meminta kepada kanwil-kanwil untuk melakukan penyesuaian," jelasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X