Ada Corona, Hyundai Tetap Lanjutkan Pembangunan Pabrik di Indonesia

Kompas.com - 18/04/2020, 13:53 WIB
Pabrik Hyundai di Ulsan, Korea Selatan english.visitkorea.or.krPabrik Hyundai di Ulsan, Korea Selatan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) memastikan pembangunan pabrik tetap berjalan di tengah pagebluk virus corona atau Covid-19.

Keputusan ini diambil setelah adanya koordinasi intensif dengan otoritas lokal dan nasional terkait.

Presiden Direktur PT HMMI Yoon Seok Choi menyatakan, pihaknya memahami saat ini merupakan situasi sulit yang dihadapi oleh Indonesia dan dunia. Pembangunan pabrik di situasi seperti ini bukanlah keputusan mudah yang diambil oleh Hyundai.

Baca juga: Luhut Sebut Virus Corona Tak Hambat Investasi Hyundai di Indonesia

Perusahaan asal Korea Selatan itu mengaku telah memperoleh izin dari Kementerian Perundustrian untuk melanjutkan pembangunan proyek.

“Kami memahami bahwa apa yang kami hadapi saat ini adalah situasi yang sangat menantang. Namun, adalah komitmen kami untuk terus mendukung masyarakat serta lingkungan di sekitar kami. Sekarang, lebih dari sebelumnya, adalah saat yang penting untuk menunjukkan solidaritas kami kepada Indonesia dengan terus mendorong dan mendukung ekonomi Indonesia untuk terus bergerak,” ujar Choi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/4/2020).

Hyundai memberlakukan langkah-langkah kebersihan dan physical distancing yang ketat di pintu masuk pabrik serta area kantor, termasuk dalam aktivitas pembangunan pabrik yang saat ini fokus dalam pengerjaan peralatan guna menghindari kontak manusia.

Selain itu, Hyundai memberlakukan pemeriksaan kesehatan dan distribusi masker di area transit, pemantauan suhu tubuh untuk karyawan, serta membatasi akses personal di pintu masuk pabrik.

Baca juga: Pabrik Hyundai di Korea Selatan Kena Imbas Virus Corona

Sementara itu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut, pembangunan pabrik ini adalah bentuk komitmen antara pemerintah Indonesia dengan Korea Selatan.

“Meskipun saat ini adalah waktu yang sulit bagi semua orang karena pandemi COVID-19, mari kita tidak lupa untuk memberikan dukungan penuh kepada semua pihak, termasuk pejabat lokal dan polisi setempat untuk memastikan dan menjaga semua pengerjaan serta rencana semula berjalan sesuai rencana,” kata Bahlil.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X