Simak, 3 Tahapan Atasi Kecemasan Finansial di Tengah Virus Corona

Kompas.com - 18/04/2020, 18:54 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah pagebluk virus corona (Covid-19), banyak masyarakat kini merasa cemas akan kondisi keuangan.

Ini terutama bagi pekerja yang pemasukannya berkurang karena kebijakan perusahaan atau terkena pemutusan hubungan kerja ( PHK).

Namun, untuk mengatasi kecemasan tersebut ada beberapa langkah yang bisa dilakukan menurut perencana keuangan dari ZAP Finance Prita Hapsari Ghozie.

Baca juga: Cemas dengan Kondisi Keuangan di Tengah Covid-19? Lakukan 5 Hal Ini

"Nomor satu, kalau kita takut, kita akui kita takut," katanya dalam tayangan live melalui akun Instagram Kompas.com, Sabtu (18/4/2020).

Prita menambahkan, kondisi saat ini diakui tidak hanya berdampak pada kesehatan, namun juga ekonomi.

Tidak dapat dipastikan kapan kondisi yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia akibat pandemik Covid-19 ini akan kembali normal.

Oleh sebab itu, kepasrahan adalah cara yang tepat saat ini untuk menjalani kehidupan.

"Kedua, kita menerima bahwa kondisi ini memang ekstrem. Jadi kita harus menerima bahwa kondisi ini adalah takdir. Takdir yang dijalani oleh semua orang," katanya.

Baca juga: Ini Cara Efektif Bicara Soal Keuangan dengan Pasangan Saat Covid-19

Apabila kecemasan kondisi keuangan masih meliputi, Prita menyarankan untuk berkonsultasi kepada pakar psikolog serta ahli perencana keuangan.

Dia mengingatkan, ketika berkonsultasi pakar tersebut dapat memberikan solusi untuk mengurangi kecemasan serta harus menelusuri lisensi keahlian pakar yang dipilih.

"Langkah ketiga, mencari solusi. Jadi ini step by step yang disarankan oleh psikolog. Kalau kecemasannya adalah finansial, maka otomatis dicari tahunya ke pakarnya. Kalau pada saat ke pakarnya, itu harus yang memahami. Jadi bukan sekadar sharing," imbau Prita.

"Kalau latar belakang financial educator, biasanya mempunyai teori-teori dan pengalaman yang bisa memberikan sharing supaya anxiety dialami seseorang bisa teratasi," ujarnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X