Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Ruangguru, Perusahaan Milik Stafsus Jokowi di Kartu Prakerja yang Jadi Kontroversi

Kompas.com - 19/04/2020, 17:12 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan Ruangguru di program Kartu Prakerja, startup teknologi yang berfokus pada pendidikan berbasis online dipersoalkan. Ini karena perusahaan ini terkait dengan Adamas Belva Syah Devara yang kini menjabat Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Banyak pihak mempermasalahkan status Belva Devara sebagai CEO sekaligus Founder Ruangguru. Sebagai figur di lingkaran Istana, banyak yang menilai posisinya berpotensi memicu konflik kepentingan. Apalagi, setelah perusahaannya ditunjuk jadi mitra penyelenggara pelatihan online Kartu Prakerja.

Dikutip dari situs resminya, Minggu (19/4/2020), Ruangguru berada di bawah bendera PT Ruang Raya Indonesia, yang merupakan perseroan terbatas yang bergerak di bidang pendidikan nonformal.

Baca juga: Anda Gagal Lolos Kartu Prakerja? Mungkin Ini Alasannya

"Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Kami telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna serta mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran," tulis Ruangguru dalam keterangannya.

Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.

Dalam penyelenggaraan pelatihan Kartu Prakerja, keberadaan Ruangguru diwakili oleh Skill Academy, sebuah platform pelatihan untuk meningkatkan technical dan soft skill di berbagai bidang untuk para mahasiswa, profesional, dan umum.

Belva mulai merintis Ruangguru pada tahun 2014 bersama rekannya Iman Usman yang diplot sebagai chief product & partnership officer.

Sejak berdiri pada 2014, Ruangguru telah berhasil mendapatkan suntikan modal dari investor asing, seperti East Ventures dan Venturra Capital. Meski perusahaan tak menyebutkan berapa kucuran investasi yang diterimanya.

Baca juga: Ini Alasan Ekonom Bhima Yudhistira Tantang Debat Stafsus Jokowi Soal Kartu Prakerja

Saat ini, jumlah guru les privat yang bergabung dalam Ruangguru mencapai lebih dari 47.000 orang dengan mayoritas berada di Pulau Jawa dan Bali. Komisi dari pembayaran sebesar 20 persen tarif per jam.

Klarifikasi Belva Devara

Belva sendiri mengklarfikasi terkait posisinya sebagai Stafsus Jokowi namun masih tercatat sebagai CEO Ruangguru. Dia mengatakan, pemilihan Ruangguru sebagai mitra pelatihan di Kartu Prakerja sudah sesuai prosedur.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com