KILAS

Belajar dari Mereka, Para Pengusaha yang Bertahan di Tengah Pandemi...

Kompas.com - 20/04/2020, 14:38 WIB
Selama pandemi, gerai apotek E-Medica yang dijalankan Ratno Sanjoko di Surabaya mengalami kenaikan hingga 60 persen karena banyak masyarakat yang mulai sadar akan kesehatan dan kebersihan diri mereka. Grab IndonesiaSelama pandemi, gerai apotek E-Medica yang dijalankan Ratno Sanjoko di Surabaya mengalami kenaikan hingga 60 persen karena banyak masyarakat yang mulai sadar akan kesehatan dan kebersihan diri mereka.

KOMPAS.com - Selama satu dekade terakhir, Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM) telah menopang perekonomian Indonesia.

Namun, merebaknya pandemi Covid-19 saat ini menjadi pukulan keras bagi sektor ini.

Meski begitu, situasi tersebut tak halangi pegiat UMKM untuk terus berjuang di tengah situasi yang tak pasti.

Untuk dapat bertahan, pelaku usaha harus beradaptasi dan menyusun strategi baru.

Baca juga: PSBB Tangerang, Grab Nonaktifkan Layanan GrabBike

Strategi tersebut seperti yang dilakukan para social sellers di Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan dengan memanfaatkan teknologi untuk menggerakkan perekonomian kotanya.

Di Kota Surabaya, misalnya. Di tengah sepinya Kota Pahlawan akibat masyarakat melakukan kegiatan di rumah, nampak kesibukan kecil di apotek E-Medica.

Semenjak Covid-19 mewabah, apotek yang berdiri sejak 2012 itu terlihat banyak melakukan pengiriman dengan memanfaatkan layanan GrabExpress pada pelanggan. Paket yang dikirim berisi obat dan alat kesehatan.

Ratno Sanjoko, pemilik apotek E-Medica itu mengaku, selama pandemi, beberapa usahanya di bidang jasa terasa lesu bahkan ditutup sementara.

Baca juga: CEO Grab Klaim Perusahaannya Mampu Hadapi Resesi dalam 3 tahun

“Memang selama pandemi ini beberapa usaha saya harus saya tutup sementara, tapi hal tersebut tidak mematahkan semangat saya," kata Ratno seperti tertulis di laman Grab, Senin (20/4/2020).

Ratno mengaku yakin, di balik kondisi pandemi pasti ada hal yang bisa dipetik.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X