KILAS

Agar Kualitas Panen Meningkat, Mentan Ajak Petani Jagung di Jeneponto Manfaatkan KUR

Kompas.com - 20/04/2020, 16:40 WIB
Ilustrasi Ladang Jagung SHUTTERSTOCK/NARAMITIlustrasi Ladang Jagung

KOMPAS.comMenteri Pertanian ( Mentan) Syahrul Yasin Limpo meminta petani jagung di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel), untuk memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat ( KUR) pertanian.

Hal itu ditujukan agar petani bisa melakukan pengolahan pascapanen, seperti penjemuran agar kualitas jagung baik dan memiliki harga jual lebih tinggi.

"Ada KUR pertanian sebesar Rp 50 triliun. Manfaatkan itu,” ujar Syahrul dalam keterangan tertulis.

Pernyataan itu ia sampaikan saat berkunjung ke Kabupaten Jeneponto yang merupakan salah satu sentra produksi jagung di Sulsel, Senin (20/4/2020).

Baca juga: Mentan Jamin Penerapan PSBB Tidak Pengaruhi Penyaluran Pupuk Bersubsidi

Menurut Mentan, KUR merupakan salah satu upaya negara untuk memastikan kesejahteraan petani di seluruh Indonesia dan membangun pertanian yang maju, mandiri, dan modern.

Ajakan Syahrul kepada petani untuk memanfaatkan KUR dilatarbelakangi rendahnya harga jual jagung. Hal ini sesuai dengan laporan Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar.

Padahal, ada 26.000 hektar (ha) sawah di Kabupaten Jeneponto dengan produktivitas 5-6 ton per ha dan 36.000 ha lahan jagung dengan produktivitas 7,8 ton per ha.

Mentan Syahrul Yasin Limpo saat memanen padi di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Senin (20/4/2020).Dok. Kementan Mentan Syahrul Yasin Limpo saat memanen padi di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Senin (20/4/2020).

“Sebagian petani menjual hasilnya ke daerah lain dikarenakan ada selisih harga. Kadar air jagung petani di sini mencapai 30 persen, harganya Rp 1.700 per kilogram (kg). Sementara di tempat lain, Rp 1.800 per kg,” ujar Iksan.

Ia melanjutkan, fenomena itu salah satunya disebabkan ketidakmampuan petani melakukan proses pascapanen.

Hasil panen jagung pun langsung dijual, meski kadar air mencapai 30 persen. Padahal, pengepul menginginkan kadar air jagung hanya 7 persen.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X