Dampak Covid-19, 95 Pesawat Parkir di Bandara Kelolaan Angkasa Pura I

Kompas.com - 20/04/2020, 17:30 WIB
Pesawat maskapai Citilink di Bandara Juanda, Surabaya, Senin (14/5/2018). KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAPesawat maskapai Citilink di Bandara Juanda, Surabaya, Senin (14/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat hampir 100 pesawat parkir di bandara yang dikelolanya sejak virus corona mewabah di Indonesia.

Sejak virus corona merebak, sejumlah maskapai mengurangi frekuensi penerbangannya.

“Hingga 17 April 2020, Angkasa Pura I mencatat terdapat 95 pesawat yang sudah parkir long stay di 11 bandara Angkasa Pura I dengan periode long stay yang tidak ditentukan,” demikian bunyi keterangan resmi yang dikeluarkan perseroan pada Senin (20/4/2020).

Baca juga: Triwulan I 2020, Trafik Penumpang di Bandara Kelolaan AP I Turun 8,11 Persen

Adapun jumlah pesawat yang parkir long stay di masing-masing bandara, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sebanyak 30 pesawat, Bandara Juanda Surabaya 19 pesawat, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sebanyak 12 pesawat.

Kemudian, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan 5 pesawat, Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Kulon Progo 4 pesawat, dan Bandara Adi Soemarmo Solo 3 pesawat.

Selanjutnya Bandara Internasional Lombok 5 pesawat, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin 8 pesawat, Bandara Sam Ratulangi Manado 7 pesawat, Bandara Pattimura Ambon 1 pesawat, dan Bandara Frans Kaisisepo Biak 1 pesawat.

Sementara itu, maskapai yang memarkirkan pesawatnya untuk periode panjang, yaitu Garuda Indonesia sebanyak 27 pesawat, AirAsia Indonesia 13 pesawat, Citilink 8 pesawat, dan Lion Air 21 pesawat.

Baca juga: Lawan Corona, Dirut AP I: Saat ini Kami All Out, Masalah Keuntungan Nomor 2

Adapun NAM Air 3 pesawat, Wings Air 11 pesawat, Batik Air 8 pesawat, Travira 1 pesawat, pegasus 1 pesawat, Transnusa 1 pesawat, Aviastar 1 pesawat, dan Airfast Indonesia 1 pesawat.

Selain itu, perseroan juga menginformasikan soal penyesuaian operasional di 15 bandaranya. Perusahaan pelat merah itu memperpanjang masa penyesuaian operasional di beberapa bandara hingga Mei sampai Juli.

Adapun periode perubahan jam operasional dan penyesuaian operasional di 15 bandara Angkasa Pura I yaitu sebagai berikut.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X