Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Covid-19, 95 Pesawat Parkir di Bandara Kelolaan Angkasa Pura I

Kompas.com - 20/04/2020, 17:30 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat hampir 100 pesawat parkir di bandara yang dikelolanya sejak virus corona mewabah di Indonesia.

Sejak virus corona merebak, sejumlah maskapai mengurangi frekuensi penerbangannya.

“Hingga 17 April 2020, Angkasa Pura I mencatat terdapat 95 pesawat yang sudah parkir long stay di 11 bandara Angkasa Pura I dengan periode long stay yang tidak ditentukan,” demikian bunyi keterangan resmi yang dikeluarkan perseroan pada Senin (20/4/2020).

Baca juga: Triwulan I 2020, Trafik Penumpang di Bandara Kelolaan AP I Turun 8,11 Persen

Adapun jumlah pesawat yang parkir long stay di masing-masing bandara, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sebanyak 30 pesawat, Bandara Juanda Surabaya 19 pesawat, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sebanyak 12 pesawat.

Kemudian, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan 5 pesawat, Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Kulon Progo 4 pesawat, dan Bandara Adi Soemarmo Solo 3 pesawat.

Selanjutnya Bandara Internasional Lombok 5 pesawat, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin 8 pesawat, Bandara Sam Ratulangi Manado 7 pesawat, Bandara Pattimura Ambon 1 pesawat, dan Bandara Frans Kaisisepo Biak 1 pesawat.

Sementara itu, maskapai yang memarkirkan pesawatnya untuk periode panjang, yaitu Garuda Indonesia sebanyak 27 pesawat, AirAsia Indonesia 13 pesawat, Citilink 8 pesawat, dan Lion Air 21 pesawat.

Baca juga: Lawan Corona, Dirut AP I: Saat ini Kami All Out, Masalah Keuntungan Nomor 2

Adapun NAM Air 3 pesawat, Wings Air 11 pesawat, Batik Air 8 pesawat, Travira 1 pesawat, pegasus 1 pesawat, Transnusa 1 pesawat, Aviastar 1 pesawat, dan Airfast Indonesia 1 pesawat.

Selain itu, perseroan juga menginformasikan soal penyesuaian operasional di 15 bandaranya. Perusahaan pelat merah itu memperpanjang masa penyesuaian operasional di beberapa bandara hingga Mei sampai Juli.

Adapun periode perubahan jam operasional dan penyesuaian operasional di 15 bandara Angkasa Pura I yaitu sebagai berikut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com