Kemenparekraf, Kemenperin, dan Tokopedia Dukung Industri Kopi Lokal

Kompas.com - 20/04/2020, 18:03 WIB
Ilustrasi kopi. Eldoradosupervector/ShutterstockIlustrasi kopi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Tokopedia, menginisiasi kampanye dukungan terhadap industri kopi lokal.

Kampanye ini juga diharapkan dapat mendorong roda perekonomian tetap bergerak di tengah pagebluk virus corona.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan, hal ini dilakukan karena warung kopi lokal sepi pengunjung hingga terpaksa tutup akibat virus corona.

Baca juga: Ini Dampak Wabah Corona ke Industri Kopi

“Di situasi seperti sekarang ini, kita harus dapat menciptakan ekosistem yang kondusif untuk mendukung industri kopi lokal agar produk lokal dapat menjadi pemimpin di pasar kita sendiri," kata Wishnutama dalam keterangan resmi, Senin (20/4/2020).

"Banyak aspek yang harus kita perkuat untuk dapat memastikan produk-produk lokal bertahan dan berkompetisi di era sekarang ini, sekaligus untuk menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, penting sekali agar seluruh pihak dapat menyatukan upaya, baik pemerintah, pelaku industri, perusahaan teknologi, dan masyarakat.

"Kampanye #SatuDalamKopi ini adalah contoh nyata bagaimana kita bersama dapat ambil bagian untuk mendorong pemasaran produk kopi lokal melalui kafe, warung kopi dan masyarakat luas yang pada gilirannya akan berdampak pada geliat industri kopi di daerah dan seluruh rantai penawarannya sehingga kegiatan ekonomi tetap berjalan di tengah pandemi," terang Agus.

Baca juga: Dengan Blockchain, Kedai Kopi Ini Sajikan Informasi Menarik ke Pelanggan

Ia juga menyebut, saat ini terdapat 1.204 industri kecil dan menengah (IKM) pelaku usaha kopi yang mengolah biji kopi lokal dari para petani di berbagai daerah di Indonesia.

Adapun CEO dan Founder Tokopedia William Tanuwijaya menyabut, kampanye ini sejalan dengan salah satu prioritas utama Tokopedia pada kampanye #JagaEkonomiIndonesia.

Pihaknya ingin terus mendorong perputaran roda ekonomi Indonesia dan memastikan lapangan pekerjaan agar tetap terjaga.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X