Harga Minyak Minus 37 Dollar AS, Produsen Bayar Pembeli untuk Ambil Kelebihan Stok

Kompas.com - 21/04/2020, 06:39 WIB
Ilustrasi THINSTOCKIlustrasi

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak acuan AS West Texas Intermediate (WTI) anjlok ke level negatif atau berada di bawah 0 dollar AS per barrel pada perdagangan Senin (20/4/2020) waktu setempat.

Hal tersebut diakibatkan oleh produsen yang kehabisan ruang untuk menyimpan stok minyak mentah.

Dikutip Oilprice.com, harga minyak jenis WTI untuk pengiriman Mei 2020 ditutup pada level - 37,63 dollar AS per barrel, anjlok 55,90 dollar AS dobanding sebelumnhya.

Baca juga: Terburuk Sepanjang Sejarah, Harga Minyak Mentah Anjlok di Bawah 0 Dollar AS

Dengan demikian, seolagh-olah produsen terpaksa untuk membayar pembeli jika mengambil kelebihan pasokan minyak yang sudah tidak dapat ditampung lagi.

"Ketidakstabilan pasokan dan permintaan minyak dunia sudah mulai terefleksikan dalam pergerakan harga," ujar Kepala Rystad Energy, Bjornar Taughen, dikutip dari The Guardian, Selasa (21/4/2020).

Taughen menjelaskan, produksi minyak AS dalam beberapa waktu terakhir tidak mengalami perubahan yang signifikan.

Padahal, pada saat bersamaan angka konsumsi minyak terus menurun, sehingga permintaan terhadap minyak dunia ikut melemah.

"Pasokan minyak di lokasi penyimpanan terus menumpuk setiap hari-nya," katanya.

Dalam kurun waktu sepekan, produsen minyak WTI sudah menyetorkan 160 juta barrel minyak ke tangki penyimpanan tambahan, sebagai respon oversupply pasokan minyak.

Baca juga: Resmi, Arab Saudi Terbitkan Surat Utang Tenor hingga 40 Tahun


 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X