Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/04/2020, 09:10 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comAllianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli berkolaborasi dengan Halodoc menggelar drive thru rapid test gratis untuk Covid-19 di DKI Jakarta.

Dewan Pembina Yayasan Allianz Peduli, Joos Louwerier mengatakan, kolaborasin ini dilakukan melihat masih banyaknya warga DKI Jakarta yang tidak bisa bekerja dari rumah, sehingga berisiko tinggi terpapar Covid-19.

"Oleh karena itu, sangat penting bahwa kapasitas rapid test ditingkatkan untuk melawan pandemi dan inisiatif ini kami lakukan sebagai bentuk kepedulian kami bagi masyarakat sekaligus dukungan kepada upaya pemerintah dalam menekan laju peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia, khususnya di wilayah DKI Jakarta yang merupakan epicentrum penyebaran Covid-19," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (20/4/2020).

Baca juga: Upaya SehatQ Perangi Covid-19, Bagikan Masker hingga Gelar Rapid Test Gratis

Joos menambahkan, layanan rapid test gratis ini diberikan untuk warga DKI Jakarta yang bermukim di daerah zona merah, khususnya di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat dan Cilandak dan Jakarta Selatan yang dapat dilakukan mulai dari tanggal 20-25 April 2020.

Dalam kegiatan ini, kebijakan physical distancing juga tetap diterapkan, sehingga masyarakat diwajibkan menggunakan masker dan menaati aturan untuk meminimalisir kontak fisik.

Selain itu pemeriksaan rapid test oleh Halodoc ini dilakukan menggunakan sampel darah untuk diuji. Darah yang diambil akan digunakan untuk mendeteksi antibodi yang terbentuk saat tubuh mengalami infeksi. Sehingga pasien pada tahap awal infeksi dapat teridentifikasi lebih cepat.

Sementara itu, CEO Halodoc, Jonathan Sudharta mengatakan, kerja sama ini melengkapi kemitraan strategis yang telah terjalin baik dengan Allianz Indonesia sejak tahun 2016, saat Allianz Indonesia menawarkan kemudahan akses kesehatan melalui aplikasi Halodoc bagi seluruh nasabah Allianz.

"Kami berharap kerja sama yang dilakukan dengan Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli ini dapat membantu pemerintah dalam memberikan layanan kesehatan yang memadai bagi masyarakat,” katanya.

Baca juga: Pengemudi Ojol hingga Bajaj Jalani Rapid Test Corona

Cara mengikuti rapid test gratis

Untuk dapat mengikuti rapid test gratis tersebut, lanjut Jonathan, ada beberapa tahap yang perlu dilakukanoleh masyarakat, terutama yang berada di kedua zona merah tersebut.

Pertama dengan melakukan pendaftaran melalui aplikasi Halodoc.

Kedua, pendaftar dapat memilih jadwal, tempat, dan waktu untuk melakukan rapid test.

Ketiga, mengunggah foto atau scan KTP (untuk dewasa) dan Kartu Keluarga (untuk anak) dan setelah itu SMS konfirmasi terkait jadwal tes akan dikirimkan.

Jonathan menegaskan dalam pelaksanaan Rapid Test ini tidak dikenakan biaya untuk penyediaan alat rapid test maupun jasa tenaga medis.

Selain penyediaan rapid test gratis, sejak dimulainya penyebaran Covid-19 di Indonesia pada awal bulan Maret 2020 lalu Allianz Indonesia telah menyediakan berbagai layanan dan fasilitas bersama Halodoc untuk membantu nasabah maupun masyarakat luas untuk bisa #PunyaPower Melawan Covid-19.

Layanan ini meliputi konsultasi gratis dan tanya dokter online terkait Covid-19, pemeriksaan dini untuk mengetahui seberapa besar risiko dalam terpapar Covid-19, potongan harga dan gratis ongkos kirim untuk pembelian obat-obatan, vitamin maupun hand sanitizer, serta penukaran Allianz Smart Point dengan voucher belanja di aplikasi Halodoc.

Khusus untuk nasabah, Allianz Indonesia juga telah memberikan manfaat tambahan terkait Covid-19 yaitu 50 persen tambahan uang pertanggungan jiwa maksimal Rp 250 juta, jika Nasabah tutup usia karena Covid-19 sampai 31 Mei 2020 dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. Selain itu, masa tunggu 30 hari untuk perawatan akibat terinfeksi Covid-19 di Polis baru juga ditiadakan.

Baca juga: Ini Daftar 18 Rumah Sakit yang Dapat Alat PCR dari BUMN

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com