Melemah, Rupiah Kembali di Atas Rp 15.500 Per Dollar AS

Kompas.com - 21/04/2020, 09:32 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Selasa (21/4/2020) kembali melemah.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.16 WIB rupiah berada pada level Rp 15.550 per dollar AS atau melemah 0,89 persen dibandingkan penutupan Senin pada level Rp 15.412 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, hari ini rupiah diproyeksikan bergerak melemah.

“Sentimen negatif membayangi pergerakan harga aset berisiko pagi ini, indeks saham Asia juga terlihat tertekan,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Banting Setir Jadi Pembuat Masker, Pedagang Ini Raup Omzet Puluhan Juta Rupiah

Ariston menilai, pelemahan bursa saham Asia akibat penurunan harga minyak berjangka untuk kontrak Mei yang akan kadaluwarsa hari ini.

“Semalam turun di bawah nol karena banyak trader menolak menerima pengiriman minyak fisik akibat tidak adanya tempat penyimpanan yang kosong,” ungkap dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ariston juga mengatakan, penurunan harga minyak ini mengindikasikan ekonomi global masih tertekan karena wabah corona sehingga kebutuhan minyak mentah sebagai sumber energi jauh berkurang.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 15.350 per dollar AS sampai dengan Rp 15.550 per dollar AS.

Baca juga: Harga Minyak Minus 37 Dollar AS, Harga Emas Melonjak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.