Harga Minyak Dunia Minus, Bagaimana Dampaknya ke Indonesia?

Kompas.com - 21/04/2020, 13:43 WIB
Ilustrasi minyak SHUTTERSTOCKIlustrasi minyak
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga minyak mentah dunia jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk pegiriman Mei 2020 sempat anjlok ke level negatif atau berada di bawah 0 dollar AS per barel pada perdagangan Senin (20/4/2020) waktu setempat.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan mengatakan, hal tersebut akan semakin memberatkan beban pelaku usaha yang bergerak di sektor hulu migas.

Anjloknya harga minyak mentah dunia akan menyebabkan nilai keekonomian produksi semakin rendah.

Baca juga: Sempat Minus, Harga Minyak Mentah Kembali Naik

"Mereka pasti akan slowdown untuk produksi minyak mereka dan menunggu harga kembali normal," kata Mamit kepada Kompas.com, Selasa (21/4/2020).

Bukan hanya produksi, kegiatan eksplorasi juga diproyeksi akan dihentikan sementara. Ini kemudian berdampak terhadap tidak bertambahnya cadangan migas nasional.

"Jika ini berlama-lama akan banyak pemutusan hubungan kerja terutama di sektor hulu migas karena kegiatan pengeboran yang tertunda," tutur Mamit.

Sementara bagi sektor hilir migas, murahnya harga minyak mentah dunia saat ini disebut sebagai momentum yang tepat untuk menurunkan harga BBM.

Baca juga: Mudik Resmi Dilarang, Angkutan Umum dan Pribadi Tidak Boleh Keluar Zona Merah

"Ke depan harga BBM akan mengalami penurunan yang cukup signifikan," ujarnya.

Selain itu, Mamit menyarankan kepada Pertamina selaku perusahaan yang bergerak di sektor hilir migas untuk memprioritaskan impor ketimbang menyerap produksi dalam negeri.

"Karena kondisi kilang mereka sudah banyak yang cukup tua dan kompleks sehingga bisa menambah cost produksi," ucap Mamit.

Baca juga: Erick Thohir Putuskan Direksi dan Komisaris BUMN Tak Dapat THR



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X