Di Tengah Virus Corona, Indonesia Ekspor Furnitur ke Swiss

Kompas.com - 21/04/2020, 14:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pagebluk virus corona memberikan dampak negatif terhadap perekonomian.

Tidak hanya secara makro, virus corona pun memberikan dampak bagi keberlangsungan industri, termasuk usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Namun demikian, di tengah menyebarnya virus corona, Indonesia tetap melakukan ekspor sejumlah komoditas. Salah satunya adalah furnitur yang diekspor ke Swiss.

Baca juga: Dampak Corona, Omzet UKM Furnitur Ini Anjlok 90 Persen

Pelaku industri yang melakukan ekspor furnitur tersebut adalah Aninda Furniture Indonesia yang merupakan binaan LPEI (Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia) atau Indonesia Eximbank dalam program Coaching Program for New Exporters (CPNE).

“Kami berhasil mengirimkan produk perabotan berupa pagar bambu bervolume 1 x 20 feet ke Swiss. Kami berharap hal ini merupakan langkah awal agar kegiatan ekspor kami dapat terus berlangsung meski kondisinya kurang menguntungkan saat ini," ujar Aufar Hifzie, pemilik dari Aninda Furniture Indonesia dalam keterangan tertulis, Selasa (21/4/2020). 

Aninda Furniture Indonesia merupakan perusahan furniture asal Jawa Tengah yang fokus pada produk furnitur residensial, hotel, dan dekorasi rumah.

Aninda juga telah dipercaya mengisi furnitur di sejumlah hotel kelas internasional.

Baca juga: Bekraf Siap Bawa Furnitur Indonesia ke Pasar Retail Eropa

”Ekspor Aninda Furniture Indonesia di tahun 2020 ini diharapkan dapat memicu motivasi mitra binaan lainnya untuk menjadi eksportir baru. Harapannya, UKM yang merupakan peserta CPNE 2020 aktif dalam mengembangkan usahanya meski kondisi pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar bagi perekonomian kita," ujar Yadi J Ruchandi, Corporate Secretary LPEI.

LPEI sebagai Special Mission Vehicles Kementerian Keuangan RI dalam hal peningkatan ekspor, selain memiliki Pembiayaan, Penjaminan, dan Asuransi juga memiliki Jasa Konsultasi. Jasa Konsultasi dalam hal ini berfokus pada penciptaan eksportir baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.