Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

13 Tahun Hilang Kontak di Yordania, Pekerja Migran Ini Akhirnya Pulang ke Indonesia

Kompas.com - 21/04/2020, 19:08 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu, sempat viral video di media sosial, seorang pekerja migran Indonesia (PMI) bernama Fika (36) yang minta dipulangkan dari rumah majikannya.

Namun, kini warga Subang, Jawa Barat yang dikabarkan 13 tahun hilang kontak dengan keluarganya saat bekerja di Yordania itu akhirnya berhasil dipulangkan ke Tanah Air.

Menurut Duta Besar (Dubes) RI di Amman Andy Racmianto, pihaknya butuh waktu lebih dari satu bulan untuk menghubungi Fika.

“Itu karena dalam video singkat tersebut, Fika tidak menyebutkan nama dan lokasi dia berada,” ujar dia dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Lewat Program Padat Karya, Kemnaker Berdayakan Pekerja Korban PHK akibat Pandemi Covid-19

Andy melanjutkan, Fika baru dihubungi setelah kontak keluarganya di Indonesia berhasil dihubungi.

Mereka lalu memberi tahu akun Facebook Fika yang biasa digunakan untuk berkomunikasi secara sembunyi-sembunyi.

"Melalui akun tersebut, Tim Satgas KBRI Amman selama lebih dari satu bulan berhasil menghubungi Fika dan mencoba mencari tahu identitas majikan,” ujar Andy.

Kepulangan yang tertunda

Usai majikan berhasil dihubungi, imbuh Andy, disepakati bahwa Fika akan dipulangkan pada akhir Desember 2019.

Namun, ternyata majikan Fika ingkar janji. Padahal, sebelumnya ia bersama Fika telah datang ke KBRI Amman untuk membuat kesepakatan tersebut.

Karena majikan ingkar janji, kasus itu dilaporkan ke kepolisian setempat. Akhirnya pada pekan pertama Maret 2020, majikan memenuhi semua hak ketenagakerjaan Fika.

Akan tetapi, kepulangan Fika yang rencananya dilakukan pada minggu kedua Maret 2020 kembali tertunda.

Baca juga: Menaker Izinkan Pekerja Migran Pulang ke Indonesia, Ini Syaratnya

Hal itu disebabkan pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19) yang membuat pemerintah Yordania menutup semua perbatasan, baik darat, laut, dan udara.

“Kepulangan pun menunggu adanya penerbangan khusus ke Indonesia,” kata Atase Ketenagakerjaan (Atnaker) KBRI Amman di Yordania Suseno Hadi.

Akhirnya Senin (20/4/2020) dini hari, Fika pun berangkat untuk pulang kembali ke Indonesia. Tenaga medis juga telah memastikan kesehatannya sebelum pulang.

“Fika terlihat sangat gembira sekali dan memang sudah lama tidak bertemu keluarganya. Dia mengatakan ingin segera pulang dan bertemu dengan kedua orang tuanya di kampung halaman," ungkap Suseno.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Kemnaker Pulangkan 433 Calon Pekerja Migran ke Kampung Halaman

Fika pun menyampaikan terima kasih kepada Duta Besar RI dan semua pihak di KBRI Amman yang telah membantunya kembali ke keluarganya di Tanah Air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com