Layani Pasar Kalimantan, Minamas Plantation Luncurkan Minyak Goreng Merek Alif

Kompas.com - 21/04/2020, 21:23 WIB
Minyak goreng merek Alif dok Minamas PlantationMinyak goreng merek Alif

JAKARTA, KOMPAS.com - Minamas Plantation melalui unit usaha hilirnya PT Sime Darby Oils Pulau Laut Refinery meluncurkan minyak goreng dengan merek dagang ALIF. Minyak tersebut adalah minyak goreng pertama yang diproduksi di Kalimantan tepatnya di Kabupaten Kotabaru.

Minyak goreng ALIF yang diproduksi terdiri dari kemasan 2 liter, 1,8 liter, 1 liter, 0.9 liter dan 0.5 liter dengan harga yang sesuai dengan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Saat ini, cakupan pemasaran minyak goreng ALIF akan difokuskan untuk Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, baru kemudian akan bergeser ke provinsi Kalimantan Timur dan Sulawesi.

Head Sime Darby Oils Pulau Laut Refinery (SDOPLR), Mohd Hamdi Abdul Karim menuturkan perseroan telah membangun kilang refinery di Kalimantan sejak 2008. Saat ini kapasitas produksi mencapai 2.500 metrik ton per hari.

"Kami mencoba untuk menghasilkan produk turunan dari sektor perkebunan kelapa sawit antara lain minyak goreng. Pada tahap awal, perseroan akan memproduksi minyak goreng sekitar 300 metrik ton per bulan dari kapasitas produksi pabrik 1.100 sampai dengan 1.200 metrik ton per bulan," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (21/4/2020).

 

Hamdi Abdul Karim juga mengungkapkan di tengah pandemi COVID-19 saat ini, pihaknya fokus untuk memberikan pasokan minyak goreng yang memadai dan berkualitas khususnya di wilayah Kalimantan Selatan dan sekitarnya.

Sementara itu CEO Minamas Plantation Shamsuddin Muhammad menuturkan ALIF merupakan upaya Minamas Plantation dan SDOPLR dalam rangka mengembangkan hilirisasi produk dari perkebunan kelapa sawit.

“Kami memahami betul bahwa kondisi saat ini tidak mudah untuk menjalankan bisnis seperti yang telah direncanakan sebelumnya. Meskipun demikian, kami sangat mengapresiasi seluruh pemangku khususnya pemerintah daerah, mitra bisnis, masyarakat serta instansi-instansi terkait lainya yang telah membantu untuk mewujudkan produk minyak goreng pertama kami hingga dapat menjangkau masyarakat Kalimantan, khususnya Kalimantan Selatan dan sekitarnya”, tutur dia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X