Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terdorong Sentimen Harga Minyak, Rupiah Melemah Lagi

Kompas.com - 22/04/2020, 09:27 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Rabu (22/4/2020) kembali melemah.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.16 WIB, rupiah berada pada level Rp 15.538 per dollar AS atau melemah 71 poin (0,46 persen) dibandingkan penutupan Rabu pada level Rp 15.468 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan sentimen harga minyak akan terus menekan pergerakan rupiah dan jika sentiment harga minya bertahan negatif cukup lama, maka rupiah akan terus tertekan.

Baca juga: Pembukaan Bursa, IHSG Turun 1,34 Persen

“Bila sentimen negatif ini bertahan, Rupiah bisa kembali tertekan,” ungkap Ariston.

Harga minyak mentah yang kemarin turun memberikan sentimen negatif ke pelaku pasar. Industri minyak melibatkan banyak stakeholder termasuk perusahaan keuangan sehingga bila industri terpuruk, dampak negatif ke bisa terasa ke perekonomian.

Selain itu, turunnya harga minyak memberi sinyal ekonomi global masih tertekan yang menurunkan permintaan minyak sebagai sumber energi.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan berada pada kisaran level Rp 15.600 per dollar AS sampai dengan Rp 15.400 per dollar AS.

Baca juga: IHSG Diproyeksikan Bakal Tertekan, Ini Penyebabnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com