Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Indonesia Hentikan Penerbangan hingga 18 Mei

Kompas.com - 22/04/2020, 12:01 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) memperpanjang masa penghentian sementara penerbangan domestik maskapai Indonesia AirAsia. Adapun rencana awalnya, penghentian sementara dilakukan hingga 21 April 2020.

Berdasar keterbukaan informasi yang disampaikan Selasa (21/4/2020), AirAsia Indonesia berencana memperpanjang masa penghentian sementara penerbangan rute domestik hingga 18 Mei 2020, bersamaan dengan mulai beroperasinya rute internasional.

Adapun rute Surabaya-Bali akan mulai beroperasi mulai 18 Mei. Asal tahu saja, emiten dengan kode CMPP itu telah menghentikan seluruh penerbangannya sejak 1 April 2020.

Baca juga: Mudik Dilarang, Masyarakat Tak Boleh Keluar-Masuk Jabodetabek

"Perpanjangan ini diputuskan setelah mempertimbangkan situasi COVID-19 dan pemberlakuan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah di Indonesia," ungkap Corporate Secretary PT AirAsia Indonesia Indah Permatasari Saugi dalam keterbukaan informasi Selasa (21/4/2020).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa pendapatan utama AirAsia saat ini dikontribusikan dari penerbangan tidak terjadwal atau charter. AirAsia berupaya mengembangkan layanan tidak terjadwal itu sebagai upaya diversifaikasi lini layanan bisnis di tengah penghentian layanan penerbangan berjadwal.

AirAsia juga masih melakukan penjualan tiket pesawat dengan jadwal penerbangan setelah bulan April.

Baca juga: Harga Minyak Terus Tertekan, Defisit APBN Bisa Jadi Rp 864,2 Triliun

"Keadaan saat ini (COVID-19) sangat berdampak signifikan terhadap keuangan perusahaan terutama arus kas," imbuhnya.

Dalam keterbukaan informasi sebelumnya, dijelaskan bahwa fokus AirAsia saat ini melakukan cost saving. AirAsia melakukan negosiasi ulang biaya yang berhubungan dengan operasional kepada semua suplier dan stakeholder.

Selain itu, AirAsia meningkatkan pelayanan kepada calon penumpang yang terdampak dengan menawarkan kompensasi yang lebih fleskibel dan memudahkan calon penumpang untuk menggunakan jasa AirAsia Indonesia kembali nantinya. (Kenia Intan | Yudho Winarto)

Baca juga: Nekat Mudik, Ini Sanksi Paling Ringan hingga yang Terberat

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: AirAsia Indonesia memperpanjang masa penghentian penerbangan hingga 18 Mei

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com