Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Suntikan Dana 800 Juta Dollar AS, Northstar V Siap Modali Berbagai Startup

Kompas.com - 22/04/2020, 17:33 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Northstar Equity Partner V Limited (Northstar V) baru saja menerima suntikan pendanaan dari induk usahanya, yakni Northstar Group sebesar 800 juta dollar AS.

Dana yang diperoleh Northstar V akan digunakan untuk berinvestasi ke sejumlah sektor yang menjadi penggerak ekonomi di Asia Tenggara. Termasuk di antaranya adalah sektor konsumsi, keuangan, ekonomi digital, serta sejumlah upaya untuk pemulihan dari pandemi COVID-19.

Northstar V merupakan kelanjutan dari strategi Northstar Group untuk berinvestasi di berbagai perusahaan pada tahap pertumbuhan dan beberapa investasi terpilih di perusahaan pada tahap early stage di Indonesia dan negara lainnya di Asia Tenggara.

Baca juga: Startup Kargo Dapat Pendanaan Seri A Rp 504 Miliar

Manajemen Northstar menilai pasar Indonesia dan Asia Tenggara pada umumnya, menawarkan peluang investasi jangka menengah dan panjang yang menarik dengan didukung oleh kelanjutan pertumbuhan yang pesat.

"Pertumbuhan ini akan dipacu oleh faktor demografis yang menguntungkan, peningkatan konsumsi dan standar ekonomi masyarakat, serta kemajuan edukasi dan digitalisasi”, ujar Patrick Walujo, Co-Founder dan Managing Partner dari Northstar Group dalam keterangan resminya, Rabu (22/4/2020)..

Sementara itu, Glenn Sugita, Co-Founder dan Managing Partner Northstar Group menambahkan, dalam situasi yang penuh ketidakpastian ini, pihaknya ingin menjadi penyedia permodalan dan mitra pilihan bagi pemilik bisnis dalam mengelola tantangan serta memaksimalkan kesempatan di masa depan.

"Kami akan terus menghadirkan tidak hanya kapital untuk perusahaan portofolio kami, melainkan juga keahlian dan pengalaman yang kami dapatkan di berbagai sektor dan siklus bisnis,” ujar dia.

Sejauh ini Northstar V mendapatkan dukungan kuat dari berbagai investor, termasuk sovereign wealth funds, perusahaan asuransi, investor institusional, family offices serta investor high net worth individual.

Dengan rampungnya penyuntikan modal tahap pertama ke Northstar V, Northstar Group kini memiliki lebih dari 2 miliar dollar AS dana kelolaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com