Luhut: Ibadah Puasa di Rumah, Bagian dari Memutus Penyebaran Covid-19

Kompas.com - 24/04/2020, 04:00 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar pandjaitan menjawab beberapa pertanyaan terkait tindakan pemerintah tangani virus corona di akun Instagramnya, Selasa (24/3/2020). KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIMenko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar pandjaitan menjawab beberapa pertanyaan terkait tindakan pemerintah tangani virus corona di akun Instagramnya, Selasa (24/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada umat Islam.

Ucapan ini disampaikan Luhut melalui video yang diunggah pada akun Instagram pribadinya.

Namun demikian, Luhut menyadari bulan Ramadhan tahun ini sangat berbeda. Sebab, ada cobaan yang dihadapi, yakni pagebluk virus corona yang menyebar hampir di seluruh negara, termasuk Indonesia.

Baca juga: Soal Plastik, Luhut: Saya Bangga Mengumumkan bahwa Indonesia Memilih Bukan Apa yang Mudah...

"Saudara-saudaraku muslim di seluruh Tanah Air, di seluruh Indonesia, bulan Ramadan ini adalah bulan suci. Dan di tengah-tengah pandemik kali ini, pastilah kita sulit menghadapi semua," katanya dalam video pada akun Instagramnya, Kamis (23/4/2020).

"Saya Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Maritim dan Investasi, dari lubuk hati yang paling dalam mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1441 hijriah," ucap Luhut.

Kendati berpuasa, tak lupa Luhut mengingatkan agar kaum muslim selalu menjaga kesehatan serta kebersihan.

Terpenting baginya, masyarakat jangan terlalu aktif beraktivitas di luar rumah selama menjalani ibadah puasa.

"Tetap jaga kesehatan ya, jaga kebersihan. Tinggal di rumah saja bila tidak ada keperluan mendesak jangan keluar rumah," imbaunya.

Baca juga: Luhut Soal Larangan Mudik: Sudah Cukup Kita Ambil Risiko

Luhut yakin, selama menjalani ibadah puasa akan memutus penyebaran virus corona. Karena minimnya aktivitas di luar rumah.

"Karena kita ingin memutus mata rantai dari Covid-19. Saya percaya dengan melaksanakan ibadah puasa dengan baik, bagian dari memecah atau memutus penyebaran Covid-19. Sekali lagi selamat melaksanakan ibadah puasa dalam bulan Ramadan yang suci ini," ucapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X