Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekayaan Miliarder China Ini Naik Rp 45,2 Triliun dalam Sehari

Kompas.com - 24/04/2020, 04:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber Forbes

HONG KONG, KOMPAS.com - Kekayaan miliarder China Colin Huang melonjak signifikan dalam sehari pada awal pekan ini.

Naiknya kekayaan Huang sejalan dengan munculnya kabar bahwa Pinduoduo, platform e-commerce yang ia dirikan dan pimpin bakal terhubung dengan salah satu peritel elektronik terbesar di China.

Dilansir dari Forbes, Jumat (24/4/2020), pada awal pekan ini, kekayaan Huang bertambah 2,9 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 45,2 triliun (kurs Rp 15.603 per dollar AS) berdasarkan data Forbes Real-Time Billionaires List.

Baca juga: Tiga Tahun Berturut-turut, Jeff Bezos Duduki Posisi Orang Paling Kaya di Dunia

Dengan demikian, kekayaan Huang ditaksir mencapai kisaran 26 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 405,5 triliun. Pria 40 tahun tersebut merupakan orang terkaya ke-7 di China.

Melompatnya harta Huang menyusul menguatnya saham Pinduoduo hingga 12,7 persen hingga mencapai rekor saat penutupan perdagangan.

Namun, kemudian kekayaan Huang sedikit terkikis mencapai 25 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 390 triliun.

Pada akhir pekan lalu, Gome Retail Holdings menyatakan Pinduoduo bakal membeli obligasi Gome senilai 200 juta dollar AS atau setara sekira Rp 3,1 triliun, yang bisa dikonversi menjadi 5,6 persen saham.

Kabar ini membuat saham Gome di bursa Hong Kong melesat 16 persen pada awal pekan.

Baca juga: Jack Ma, Pemimpin Bisnis Paling Berpengaruh di China

Pinduoduo saat ini merupakan salah satu e-commerce terbesar di China, berada di bawah Alibaba dan JD.

China memiliki miliarder terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat. Salah satu pendorongnya adalah jumlah pencatatan saham perdana atau initial public offering (IPO) yang cukup banyak.

Huang sendiri merupakan pendiri dan CEO Pinduoduo yang berkantor pusat di Shanghai. Ia diketahui menyelesaikan pendidikan magister ilmu komputer di University of Wisconsin, AS.

Pada tahun 2004, ia bekerja di Google sebagai engineer. Ia juga pernah magang di Microsoft, baik di Beijing maupun di Seattle, AS.

Pada Juli 2018, Pinduoduo mencatatkan saham perdana di bursa saham Nasdaq, AS. Segera setelah saham Pinduoduo melantai di bursa AS, Huang menjadi orang terkaya ke-13 di China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com