Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BEI Catat Realisasi Buyback Saham Senilai Rp 876 Miliar

Kompas.com - 24/04/2020, 16:01 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat total nilai buyback saham hingga saat ini mencapai Rp 876 miliar atau telah terealisasi 4,5 persen dibandingkan rencana nilai buyback saham Rp 19,3 triliun.

“Terkait implementasi kebijakan buyback saham tanpa RUPS sampai dengan 23 April 2020 total prusahaan tercatat yang berencana untuk melakukan buyback saham sebanyak 65 perusahaan,” kata Inarno Djajadi selaku Direktur Utama BEI dalam video conference, Jumat (24/4/2020).

Pembelian kembali atau buyback saham oleh emiten perusahaan publik tanpa dilakukan persetujuan RUPS berdasarkan SE OJK No.3/ SEOJK.04/2020.

Baca juga: Larangan Mudik, Pesawat Komersil Masih Bisa Angkut Penumpang di Luar Wilayah PSBB

SE OJK tersebut menjelaskan, saham yang dapat dibeli kembali lebih dari 10 persen dari modal yang disetor dan paling banyak 20 persen dari modal disetor dengan ketentuan paling sedikit yang beredar 7,5 persen dari modal disetor.

Adapun perusahaan yang berkomitmen untuk melakukan buyback saham seperti 12 perusahaan BUMN yang berkomitmen melakukan buyback saham senilai Rp 10,1 triliun. Sementara 35 perusahaan non BUMN yang berkomitmen melakukan buyback saham, senilai Rp 9,1 triliun.

Saat ini, perusahaan BUMN yang sudah melakukan buyback saham sebanyak 7 perusahaan dengan realisasi Rp 181,6 miliar. Sementara perusahaan non BUMN yang sudah melakukan buyback saham sebanyak 35 perusahaan dengan nilai realisasi Rp 694,4 miliar.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Ada 26 Perusahaan Melantai di Bursa Saham

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com