Pagebluk Corona, Defisit Anggaran AS Diproyeksi Capai 3,7 Triliun Dollar AS

Kompas.com - 25/04/2020, 20:14 WIB
Ilustrasi bendera AS. SHUTTERSTOCKIlustrasi bendera AS.

WASHINGTON, KOMPAS.com - Kegiatan ekonomi yang terhenti serta besarnya lonjakan anggaran belanja pemerintah bakal membuat defisit anggaran Amerika Serikat (AS) mencapai 3,7 triliun dollar AS.

Berdasarkan proyeksi yang dilakukan oleh kongres setempat, defisit tersebut merupakan yang terbesar dalam sejarah Amerika Serikat.

Dikutip dari Reuters, Badan Anggaran Kongres (CBO) setempat menyatakan Produk Domestik Bruto ( PDB) AS akan turun hampir 40 persen secara tahunan di kuartal II. Tetapi CBO memperkirakan kebangkitan ekonomi pada paruh kedua tahun ini, meski angka pengangguran akan meningkat hingga 16 persen dan hingga tahun 2021 akan bertahan di angka double digit.

Baca juga: Kadin Usul Stimulus Rp 1.600 Triliun, Rp 600 Triliun untuk Gaji Pekerja

Laporan CBO mengilustrasikan tekanan fiskal yang dihadapi anggota parlemen di Kongres ketika mereka bersiap untuk menyusun undang-undang baru untuk menanggapi pandemi. Kongres telah menyepakati anggaran sebesar 3 triiun dollar AS untuk layanan kesehatan, UMKM dan berbagai kebijakan lain untuk melawan pandemi dan dampak ekonominya.

"Jika undang-undang yang berlaku saat ini mengatur pengeluaran dan pendapatan secara umum tetap tidak berubah dan tidak ada dana darurat tambahan yang disediakan, defisit federal akan sekitar 3,7 triliun dollar AS pada tahun fiskal 2020 dan 2,1 triliun dollar AS tahun depan," kata CBO. Sebelumnya pada bulan Maret, CBO memproyeksikan defisit lebih dari 1 triliun dollar AS baik di 2020 maupun 2021.

Sementara untuk utang pemerintah akan setara dengan 101 persen dari PDB per 30 September ketika tahun fiskal 2020 berakhir. Kemudian pada 2021, tingkat utang federal bakal meningkat 108 persen terhadap PDB.

Badan tersebut memperkirakan PDB riil akan turun 5,6 persen pada tahun 2020 dan kemudian tumbuh 2,8 persen pada tahun 2021.

Baca juga: Harga Minyak Terus Tertekan, Defisit APBN Bisa Jadi Rp 864,2 Triliun



Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X