Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Lulus dan Belum Punya Pengalaman? Ini Triknya Biar Cepat Dapat Kerja

Kompas.com - 26/04/2020, 10:29 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Kekhawatiran terbesar para fresh graduate atau yang baru lulus belajar adalah bersaing dengan mereka yang sudah berpengalaman. Wajar saja, karena fresh graduate belum tahu seluk beluk dunia kerja.

Sementara perusahaan kerap kali mensyaratkan para pelamar kerja berpengalaman, minimal satu tahun di bidangnya. Walaupun ada juga perusahaan yang membuka kesempatan fresh graduate untuk melamar.

Biasanya perusahaan mencari orang yang berpengalaman agar tidak saat diterima bekerja, langsung bisa tancap gas tanpa perlu mengajari terlalu jauh. Sedangkan tantangan perusahaan menerima fresh graduate, yakni harus ekstra sabar mengajarkan berbagai hal yang menyangkut bidang pekerjaannya.

Sebetulnya untuk para fresh graduate tidak perlu takut. Asalkan memiliki kemampuan, keterampilan, dan keahlian cukup, seperti yang diajarkan di bangku kuliah, kamu bisa kok bersaing dengan mereka yang sudah punya jam terbang.

Intinya, asal mau belajar, perusahaan dapat menerimamu bekerja dan memberi kesempatan untuk berkembang.

Berikut tips dan trik yang bisa membantumu mendapat pekerjaan meski tak punya pengalaman, seperti dikutip dari Cermati.com.

Membuat CV dan Resume yang Kreatif

Langkah pertama bagi para fresh graduate agar bisa mencuri perhatian HRD perusahaan adalah membuat surat lamaran kerja (resume) dan curriculum vitae (CV) semenarik mungkin.

Mulai dari tampilan atau desain resume dan CV yang eye catching, elegan, kreatif, tapi tidak lebay. Gunakan jenis huruf yang umum pada sebuah CV atau surat lamaran kerja seperti Arial, Calibri (Body), Times New Roman.

Perhatikan pula penggunaan huruf kapital, huruf miring, huruf dicetak tebal. Tata kalimat sedemikian rupa, sehingga poin-poin penting yang menjadi isi lamaran kerjamu tersampaikan.

Cantumkan Prestasi, Keterampilan, dan Keahlian

Modal utama fresh graduate melamar kerja, yaitu prestasi, keterampilan, dan keahlian. Jadi usahakan membuat surat lamaran kerja dan CV yang informatif.

Artinya memuat deskripsi tentang dirimu dengan mencantumkan poin-poin penting. Sertakan juga hal yang relevan dengan lowongan kerja yang kamu lamar.

Kaitkan pula dengan prestasi yang sudah kamu raih di bidang tersebut. Contohnya kamu fresh graduate melamar kerja untuk posisi marketing. Kamu pernah mencapai target penjualan sekian kali saat magang di perusahaan XYZ selama tiga bulan.

Tunjukkan bahwa kamu dapat berkontribusi di perusahaan yang kamu lamar berbekal keterampilan dan keahlian yang dimiliki, misalnya kemampuan komunikasi yang baik, dan mahir menggunakan teknologi, seperti smartphone, komputer, internet, dan media sosial.

Teknologi saat ini menjadi salah satu cara tepat mempromosikan atau menjual barang dan jasa. Ampuh untuk mencapai target yang ditetapkan perusahaan.

Mengawali Karier jadi Anak Magang

Tidak punya pengalaman belum tentu tidak bisa bekerja. Kamu bisa menjajal menyalurkan ilmu, kemampuan, keahlian dan keterampilan yang didapat di bangku kuliah atau pendidikan informal lain dengan mendaftar magang terlebih dahulu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com