Baru Lulus dan Belum Punya Pengalaman? Ini Triknya Biar Cepat Dapat Kerja

Kompas.com - 26/04/2020, 10:29 WIB
, SHUTTERSTOCK,

KOMPAS.com - Kekhawatiran terbesar para fresh graduate atau yang baru lulus belajar adalah bersaing dengan mereka yang sudah berpengalaman. Wajar saja, karena fresh graduate belum tahu seluk beluk dunia kerja.

Sementara perusahaan kerap kali mensyaratkan para pelamar kerja berpengalaman, minimal satu tahun di bidangnya. Walaupun ada juga perusahaan yang membuka kesempatan fresh graduate untuk melamar.

Biasanya perusahaan mencari orang yang berpengalaman agar tidak saat diterima bekerja, langsung bisa tancap gas tanpa perlu mengajari terlalu jauh. Sedangkan tantangan perusahaan menerima fresh graduate, yakni harus ekstra sabar mengajarkan berbagai hal yang menyangkut bidang pekerjaannya.

Sebetulnya untuk para fresh graduate tidak perlu takut. Asalkan memiliki kemampuan, keterampilan, dan keahlian cukup, seperti yang diajarkan di bangku kuliah, kamu bisa kok bersaing dengan mereka yang sudah punya jam terbang.

Intinya, asal mau belajar, perusahaan dapat menerimamu bekerja dan memberi kesempatan untuk berkembang.

Berikut tips dan trik yang bisa membantumu mendapat pekerjaan meski tak punya pengalaman, seperti dikutip dari Cermati.com.

Membuat CV dan Resume yang Kreatif

Langkah pertama bagi para fresh graduate agar bisa mencuri perhatian HRD perusahaan adalah membuat surat lamaran kerja (resume) dan curriculum vitae (CV) semenarik mungkin.

Mulai dari tampilan atau desain resume dan CV yang eye catching, elegan, kreatif, tapi tidak lebay. Gunakan jenis huruf yang umum pada sebuah CV atau surat lamaran kerja seperti Arial, Calibri (Body), Times New Roman.

Perhatikan pula penggunaan huruf kapital, huruf miring, huruf dicetak tebal. Tata kalimat sedemikian rupa, sehingga poin-poin penting yang menjadi isi lamaran kerjamu tersampaikan.

Cantumkan Prestasi, Keterampilan, dan Keahlian

Modal utama fresh graduate melamar kerja, yaitu prestasi, keterampilan, dan keahlian. Jadi usahakan membuat surat lamaran kerja dan CV yang informatif.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X