Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan Penumpang Ditangguhkan, AP II Kini Andalkan Angkutan Kargo

Kompas.com - 26/04/2020, 19:30 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) mengalihkan sumber pendapatan utama perseroan untuk tahun 2020 ke angkutan kargo di tengah turunnya lalu lintas penerbangan penumpang akibat Covid-19.

Bahkan tahun ini, operator pengelola bandara tersebut menargetkan pendapatan sekitar 60-70 persen dari target awal Rp 12,8 triliun yang ditetapkan.

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, sejumlah maskapai penumpang telah menginformasikan pengajuan extra flight untuk penerbangan kargo di sejumlah bandara perseroan.

Maskapai tersebut memaksimalkan utilisasi pesawat penumpang dengan mengangkut kargo di tengah pandemi. Operator helikopter pun tak ketinggalan beroperasi mengangkut kargo.

“Indikasinya memang maskapai yang mengoperasikan pesawat penumpang kini semakin fokus di bisnis kargo," kata Muhammad Awaluddin dalam keterangannya, Minggu (26/4/2020).

Baca juga: Ini Data Penurunan Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara AP II

Awaluddin mengatakan, extra flight untuk penerbangan kargo bisa mempercepat loading dan unloading barang karena dimuat di kabin pesawat alih-alih di lambung pesawat (belly cargo).

Sementara jenis kargo yang diangkut adalah barang kiriman e-commerce, alat kesehatan, serta berbagai peralatan dan perlengkapan penting di tengah pandemi.

“Itu membuat keseluruhan proses menjadi lebih cepat,” ungkapnya.

Bandara yang melayani penerbangan kargo ini, antara lain, Soekarno-Hatta (Tangerang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Supadio (Pontianak), Husein Sastranegara (Bandung), dan Kualanamu (Deli Serdang).

Sebagai informasi, volume angkutan kargo di 19 bandara PT Angkasa Pura II rerata tercatat sekitar 62.000 ton/bulan pada kuartal I 2020.

Volume kargo di bandara Soetta sendiri rata-rata mencapai 42.500 ton/bulan. Soekarno-Hatta merupakan bandara perseroan yang memiliki kapasitas pengelolaan kargo terbesar mencapai sekitar 600.000 ton/tahun, bahkan sempat mencapai 760.000 ton pada 2018.

Saat ini terdapat dua perusahaan afiliasi PT Angkasa Pura II yang khusus menangani kargo, yaitu PT Angkasa Pura Kargo dengan kepemilikan saham 99,99 persen dan PT Gapura Angkasa dengan kepemilikan saham 46,26 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com